KPPN Khusus Penerimaan

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kegiatan Edukasi dan Komunikasi Collecting Agent Semester I Tahun 2022

Senin s.d selasa (13 s.d 14 Juni 2022), KPPN Khusus Penerimaan menyelenggarakan kegiatan Edukasi dan Komunikasi Collecting Agent semester I 2022. Acara edukasi dan komunikasi ini sebagai wujud sinergi KPPN Khusus Penerimaan dengan Bank/Pos Persepsi dan Lembaga Persepsi Lainnya. Berdasarkan pasal 66 PMK-225/PMK.05/2020 tentang Sistem Penerimaan Negara secara Elektronik, KPPN Khusus Penerimaan melakukan Evaluasi kepatuhan dan efektivitas pengelolaan penerimaan negara melalui Collecting Agent/CA (Bank/Pos Persepsi, dan Lembaga Persepsi Lainnya/LPL). Tools yang digunakan untuk melakukan evaluasi kepatuhan dan efektivitas Collecting Agent dalam mengelola penerimaan negara tersebut dengan menggunakan Indikator Kinerja Penerimaan Negara (IKPN).

Dalam rangka meningkatkan pemahaman stakeholders terhadap peraturan dan kebijakan Perbendaharaan sehingga memperkuat implementasi dan mendorong tercapainya tujuan organisasi untuk memenuhi perkembangan tata kelola keuangan yang bersifat dinamis, dibutuhkan strategi edukasi dan komunikasi (edukom) yang terus-menerus. Selain itu, untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam rangka peningkatan kualitas dan kuantitas layanan kepada wajib pajak/wajib bayar/wajib setor, KPPN Khusus Penerimaan melaksanakan kegiatan edukasi dan komunikasi collecting agent semester I 2022.

     

Kegiatan edukasi dan komunikasi dilaksanakan secara hybrid dan diikuti semua Colleting Agent dengan menghadirkan narasumber dari Seksi Layanan dan Pengelolaan Teknologi Informasi serta Seksi Rekonsiliasi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara, pembacaan doa dan dilanjutkan penyampaian arahan oleh Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Siswanto. Acara inti berupa penyampaian materi edukasi dan komunikasi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Layanan dan Pengelolaan Teknologi Informasi, Suhendi dan Kepala Seksi Rekonsiliasi, M. Seful Bahri. Materi yang disampaikan dalam rapat tersebut, meliputi Latar Belakang Edukasi dan Komunikasi, Kewajiban Collecting Agent, Indikator Kinerja Penerimaan Negara (IKPN) dan Monitoring Kepatuhan Collecting Agent periode Januari - Juni 2022.

Acara berlangsung interaktif kurang lebih tiga jam pada setiap sesinya, acara dilaksanakan selama 2 hari yang dibagi menjadi tiga (3) sesi, dimana pada saat tanya jawab peserta diberikan kesempatan untuk bertanya baik melalui kolom chat , mengisi link atau open mic. Semoga acara Edukasi dan komunikasi yang diselenggarakan oleh KPPN Khusus Penerimaan kali ini dapat meningkatkan sinergi dengan stakeholder dan meningkatkan kinerja optimal khususnya dalam mengawal penerimaan negara pada tahun anggaran 2022.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search