KPPN Khusus Penerimaan

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kegiatan Capacity Building KPPN Khusus Penerimaan Semester I Tahun 2022

 

Kegiatan capacity building adalah kegiatan yang selalu dinanti oleh semua pegawai. Pada tahun 2022, KPPN Khusus Penerimaan mengadakan kegiatan capacity building yang berlokasi di Sentul, Bogor , menggandeng PT Saung Dolken Resort Syariah sebagai penyelenggara. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada weekend di minggu kedua bulan Juni 2022 (11-12 Juni 2022). Pagi itu tanggal 11 Juni 2022 cuaca mendung memayungi Jakarta, Peserta ada yang berangkat secara kolektif dari jalan Wahidin II dan ada juga yang secara mandiri dari rumah masing-masing langsung menuju ke lokasi tujuan. Perjalanan menuju ke lokasi tujuan dipayungi oleh awan mendung yang teduh namun belum terlalu gelap, kondisi lalu lintas saat itu tidak terlalu padat karena kami berangkat lebih awal.

Lokasi kegiatan adalah sebuah Hotel yang menyajikan tempat dengan nuansa kayu dolken yang alami, udara yang tropis seakan menyertai kehadiran kami, lambaian pohon yang rindang dan gemercik air, sapuan angin sepoi-sepoi membawa kami merasakan nuansa alam dan pedesaan. Rata-rata dari Kami sampai lebih cepat dari waktu yang ditentukan, sambil menunggu waktu check-in, kami menikmati suasana dengan teman-teman  serta mengitari hotel sambil mengambil foto di spot yang menarik. Penginapan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang dengan kedalaman air yang bervariasi dan sangat cocok bagi yang membawa keluarga dan anak-anak. Penginapan ini cukup nyaman untuk menghabiskan weekend atau liburan Bersama keluarga tercinta.

Memasuki jam makan siang, kami berkumpul dan menikmati sajian yang telah tersedia di Restoran Perahu yang letaknya berseberangan dengan kolam renang. Terdapat hamparan lapangan dengan rumput hijau yang cukup luas, disitulah kegiatan capacity building dibuka oleh Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Bapak Siswanto seusai kami makan siang. Beliau menyampaikan arahan kegiatan dan goal yang ingin dicapai dalam kegiatan ini, antara lain untuk kebersamaan dan meningkatkan kekompakan kita semua. Para peserta memperhatikan dengan seksama.

Pukul 2 siang kegiatan capacity building dimulai. Semua peserta telah berkumpul dengan tertib di sebuah lapangan terbuka. Lapangan ini terletak di tengah kawasan hotel. Dimulai dengan membagi menjadi 4 kelompok dengan nama pilihan masing-masing yang unik. Beberapa lomba akan diselenggarakan dan pada setiap lomba terdapat poin bagi kelompok yang menjadi juaranya. Setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat yel-yel, Lalu ditampilkan secara bergantian dihadapan semua peserta.

Setelah penampilan yel-yel dari setiap kelompok acara berlanjut dengan permainan pertama yaitu  “Suite Samurai”, dimana dua kelompok berbaris berbanjar dan saling berhadapan melakukan duel Suite ala samurai Jepang dalam aba-aba yang seru dan lucu. Suite dilakukan sebanyak 5 kali , setiap tim diberikan waktu untuk menentukan 5 jenis suite yang mereka pilih untuk berhadapan dengan kelompok lainnya. Tim yang paling banyak mengambil poin kemenangan suite berhak menjadi pemenang dari permainan tersebut. Setelah suite samurai selesai acara berlanjut ke permainan yang semakin seru yakni “Pesan Berantai”.

Permainan ini adalah permainan untuk meningkatkan kerja sama kelompok, komunikasi dan efektivitas prosedur operasional kerja. Tiap-tiap kelompok berbaris dan menugaskan 1 orang dibagian paling belakang sebagai penerima pesan dan 1 orang dibagian paling depan untuk memperagakan pesan yang dimaksud. Pesan tersebut adalah berupa angka acak dari 4,5,6 dan 7. Setiap angka memiliki makna gerakan yang harus diperagakan oleh anggota tim pada barisan paling depan. Setiap kelompok bebas untuk menentukan strategi terbaik yang akan mereka sepakati dan jalankan. Yang menang adalah mereka yang paling cepat dan benar dalam meneruskan pesan. 

Setelah permainan yang mengundang banyak tawa itu usai , permainan berikutnya berikutnya sudah menanti yaitu “Transfer Pipa” . Setiap anggota kelompok telah siap dan berbaris. Cara bermainnya, yaitu dengan menjepit pipa menggunakan paha dengan posisi tangan diletakan dibelakang punggung tanpa boleh memegang pipa tersebut. Disini kecepatan dan konsentrasi setiap tim diuji. Tim yang bisa meneruskan pipa sampai pada orang terkahir dengan cepat dan tanpa jatuh adalah pemenangnya.

Kami semakin larut dalam permainan dan tidak terasa adzan Ashar pun berkumandang, kita semua sepakat untuk melakukan coffe break, istirahat sejenak, makan snack sore dan sholat Ashar bagi yang menjalankannya. Beberapa saat berlalu dan mulai terdengar suara Tim EO pemandu kami dalam acara capacity building ini memberikan pengumuman lewat pengeras suara, memanggil kami agar segera berkumpul ke lapangan. Wajah-wajah segar, sumringah dan bersemangat mulai berdatangan ke lapangan untuk melanjutkan lomba. Setelah semua berkumpul , kita masih penasaran apakah permainan yang akan kita mainkan. Terdengar cukup asing ditelinga kami. Permainan itu biasa disebut “Ranjau Darat”. Seperti ini kira-kira gambarannya, satu kelompoik ditugaskan untuk melewati area penuh dengan ranjau. Bila terkena ranjau maka peserta tersebut harus kembali ke posisi semula. Tugas dinyatakan selesai apabila seluruh anggota kelompok berhasil menyeberangi area ranjau tersebut. Area ranjau tersebut berbentuk kotak-kotak persegi, sejumlah 64 kotak persegi.

Ranjau Darat selesai, dan bergulir ke permainan selanjutnya yakni “Bola Warna”. Pada permainan ini terdapat 3 Buah benda yang masing-masing berupa bola (3 buah) , Pipa (3 Buah) dan tali untuk peserta. Bola dan pipa ini memiliki warna yang berbeda beda. Harus disusun menjadi satu warna. Dalam menyusun benda tersebut para peserta tidak boleh masuk ke area seluas 4 x 4 m. dan menyelesaikan permainan menggunakan seutas tali/ peserta. Ternyata game ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar bisa memindahkan bola dengan seutas tali ke pipa tanpa terjatuh. Estafet permainan masih berlanjut , selanjutnya ini ada permainan berjudul “Bola Api” Misi Permainan ini adalah memindahkan 8 buah bola api yang tidak boleh disentuh dengan menggunakan masing-masing mengharuskan peserta dengan kelompoknya melewati

Pukul 7 malam di Pendopo, tidak jauh dari lapangan tempat acara capacity building berlangsung, telah terhidang makan malam. Semua peserta berkumpul dan segera menyantap hidangan, kembali mengisi energi untuk persiapan kegiatan malam ramah tamah yang akan segera mulai. Waktu semakin berlalu, dan tanpa terasa jarum jam sudah menunjukkan pukul 8 malam. Kegiatan malam ramah tamah pun segera dibuka oleh pembawa acara. Semua pegawai sungguh antusias dengan acara pada malam itu, kegiatan diawali dengan performance antar seksi, untuk menentukan urutan penampilan antar seksi, kami semua sepakat untuk mengundinya. Pada sela-sela penampilan antar seksi, pembawa acara mengumumkan tim pemenang dari kegiatan capacity building. Juara pertama jatuh kepada “Tim Kucing”, juara kedua “Tim Hore” disusul juara ketiga dan keempat oleh “Tim Tomo” dan “Tim Kwek kwek”. Para perwakilan tim diundang untuk naik keatas panggung menerima hadiah dan berfoto bersama.

Malam semakin larut, penampilan perform antar seksi pun dimulai. Gelak tawa bahagia mulai terdengar karena setiap seksi menyuguhkan penampilan yang unik,lucu dan seru. Kambing Guling , wedang jahe anget ,kopi dan teh pun Nampak sudah terhidang dan siap untuk menemani malam kita yang masih Panjang. Setelah acara penampilan antar seksi selesai, kegiatan malam hari itu masih berlanjut dengan karaokean. Hingga waktu tak terasa sudah menunjukkan pukul 11 malam. Kegiatan malam hari itu ditutup dengan lantunan Lagu kemesraan yang kita nyanyikan bersama-sama dipimpin oleh Bapak Kepala Kantor KPPN Khusus Penerimaan.

Hari minggu 12 Juni 2022, agenda kegiatan adalah bebas. Ada yang bermain air di kolam renang di samping restoran, ada yang memberi makan ikan, dan ada pula yang jalan-jalan keliling hotel untuk hunting spot foto terbaik untuk diabadikan. Semua pegawai nampak sangat menikmati suasana pagi itu, dan cuaca pun sangat bersahabat. Kegiatan berlanjut dengan sarapan pagi dan persiapan kembali ke Jakarta. Perjalanan pulang kami lalui dengan lancar sama seperti ketika perjalanan berangkat, dan kami sampai di Jakarta di waktu Dhuhur. Weekend tersebut adalah weekend yang indah dan mengesankan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search