Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

17 Satuan Kerja Mitra KPPN Sinjai Mendapatkan Sosialisasi SAKTI

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) Web Full Module ditargetkan untuk dapat digunakan oleh seluruh satuan kerja pemerintah pada akhir tahun 2021.

Untuk dapat mencapai target tersebut, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai menggelar Sosialisasi Implementasi SAKTI Web Full Module pada Aula KPPN Sinjai, pada hari Rabu, 30 Maret 2021 dan Kamis, 31 Maret 2021. Dalam sosialiasi yang dihadiri oleh 17 satuan kerja tersebut, dijelaskan mengenai 8 (delapan) modul pada Aplikasi SAKTI yang nantinya akan digunakan sebagai alat bantu dalam mengelola keuangan negara. “Dari tahun ke tahun, telah banyak dilakukan perubahan atas aplikasi-aplikasi pengelolaan keuangan untuk dapat beradaptasi dengan kebijakan-kebijakan baru. Aplikasi SAKTI merupakan salah satu bentuk perubahan yang dilakukan.” tegas Anas Fazri, Kepala KPPN Sinjai dalam pembukaannya.

SAKTI merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Keuangan dengan berbasis web dan menghimpun berbagai fungsi aplikasi-aplikasi yang selama ini telah digunakan oleh pengelola keuangan di satuan kerja ke dalam satu wadah yang terintegrasi. “Aplikasi SAKTI sebenarnya telah mulai digunakan oleh satuan kerja pada tahun 2020 namun baru terbatas pada modul penganggaran, akhir tahun ini kami targetkan semua satuan kerja mitra KPPN Sinjai telah menggunakan SAKTI Web Full Module.” jelas Anas Fazri.

Lebih lanjut dalam sosialiasi tersebut, dijelaskan pula mengenai penerapan One Time Password (OTP) pada SAKTI yang akan menggantikan PIN yang sebelumnya digunakan. Penggunaan OTP ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan user yang dapat berakibat fatal apabila dibiarkan. Dengan adanya Aplikasi SAKTI ini, diharapkan pengelolaan keuangan pada satuan kerja dapat berjalan lebih lancar dan lebih mudah, karena setiap user cukup menggunakan satu aplikasi untuk mengakses berbagai modul yang dibutuhkan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search