Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

KPPN Sinjai Laksanakan Bimtek Sistem Digipay dan Marketplace

 

SINJAI - KPPN Sinjai melaksanakan Bimbingan Teknik (Bimtek) Aplikasi  Digital Payment (Digipay) dan Marketplace, Kamis, 10 November 2022, bertempat di Aula KPPN Sinjai.

Selain dihadiri oleh Bendahara dan Operator Satuan Kerja lingkup KPPN Sinjai, juga turut hadir Pimpinan BRI Cabang Sinjai, Reza Setiaji dan beberapa staf sebagai Narasumber. BRI  merupakan mitra KPPN Sinjai sekaligus mitra Satuan Kerja (Satker) sebagai pengelola Dana APBN di Kabupaten Sinjai.

Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi diawal sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Reza Setiaji selaku Pimpinan BRI Cabang Sinjai  yang dengan setia ikut mengawal dan berkolaborasi dengan KPPN Sinjai dalam berbagai kesempatan untuk mendukung implementasi system Digipay dan Marketplace pada  Satker lingkup KPPN Sinjai.

Lebih lanjut Arif  menjelaskan bahwa Digitalisasi adalah sebuah proses transformasi dari cara manual menjadi pemanfaatan teknologi.  Ditambahkan pemanfaatan  digitalisasi  dewasa ini sudah menjadi keharusan dan menjadi tuntuan terutama di dunia usaha, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo,  meminta agar program perlindungan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dijalankan pemerintah lebih fokus dan terarah.

Sejalan dengan arahan Presiden tersebut, Kementerian Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan telah mengeluarkan Peraturan Direktur Jenderal Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penggunaan Uang Persediaan (UP) menlalui System Marketplace dan Digital Payment pada Satuan Kerja.

Untuk mengakselerasi maksud dari peraturan tersebut, KPPN Sinjai senantiasa berkolaborasi dan bekerja sama dengan pihak Perbankan dalam hal ini BRI Cabang Sinjai.

Adapun kolaborasi yang telah dilaksanakan adalah dengan melaksanakan Bimtek kepada para petuhas satuan kerja serta  berkoordinasi dengan Pimpinan dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)   secara bersama-sama. Kegiatan Bimtek  dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan teknis kepada para petugas dan pengelola UP pada Satker sehingga diharapkan implementasi Sisyem Digipay dan Marketplace bisa lebih optimal.   

 Tujuan lain dari implementasi Digipay dan Marketplace ini pada Satuan Kerja adalah untuk mengantisipasi perubahan kebijakan pada tahun mendatang yang akan memperbesar porsi penggunaan Uang Persediaan (UP) melalui Digipay dan Marketpalce.

Akhirnya saya berharap, dengan kegiatan bimtek ini Bpk/Ibu dapat memperoleh pemahaman  dan  kemampuan teknis  sehingga dapat melaksanakan seluruh tahapannya transaksinya mulai dari  pendaftaran user, pemesanan barang kepada vendor sampai dengan  proses  pembayaran.

 Oleh karena itu saya juga minta kepada Bpk/Ibu sekalian selaku pengguna dana dan pengelola UP di satuan kerja masing-masing agar dapat  berpartisipasi dan mendukung implementasi Digipay melalui  penggunaan UP yang dikelola.

Memang tidak muda,  diperlukan  sebuah proses dan komitmen bersama, karena merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan bukan hal yang mudah. Tapi saya yakin dan berharap Bpk/Ibu sebagai pengelola UP bisa memberikan kontribusi yang maksimal dalam mendukung implementasi Digipay dan Markeyplace melalui penggunaan UP di Satker masing-masing.

Insya Allah ke depan KPPN  akan  memberikan apresiasi dan reward  kepada satuan kerja yang akan berkontribusi maksimal  dalam penggunaan UP melalui Digipay dan Marketplace, tutupnya.

            Reza Setiaji dalam sambutannya menambahkan bahwa BRI Cabang Sinjai selaku mitra KPPN Sinjai sangat memberikan apreasisi yang tinggi kepada KPPN yang memiliki komitmen tinggi dalam mendorong Satuan Kerja dalam upaya memberdayakan UMKM di Kabupaten Sinjai melalui Digitalisasi UMKM. Tentunya dengan kewenangan yang ada kami ikut mendorong dan mengawal implementasi Digipay dan Marketplace di Satuan Kerja dengan menfasilitasi system pembayaran melalui   Cash Management System (CMS) ataupun melalui Kartu Kredit Pemerintah (KKP) tandasnya. (*)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search