Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Berita

Seputar KPPN Sinjai

OWOI : "Awas, Stres Karena Pekerjaan Bisa Memperpendek Usia"

 

SINJAI - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai kembali melakukan kegiatan rutin yaitu One Week One Information (OWOI) yang diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN KPPN Sinjai pada Kamis (10/08) di Front Office KPPN Sinjai secara tatap muka. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana berbagi informasi serta melaith public speaking pegawai.

Kegiatan dibuka oleh pembawa acara yaitu Sdr. Amirullah, selaku PPNPN KPPN Sinjai. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Sdr. Septina Kusumaningtyas selaku Pelaksana Seksi PDMS dengan khidmat. Kemudian sesi selanjutnya adalah pembacaan kode etik dan kode perilaku mengenai nilai integritas yang disampaikan oleh Sdr. Andi Amalia Amala selaku PPNPN KPPN Sinjai. Usai pembacaan kode etik, dan dilanjutkan dengan penyampaian OWOI oleh Sdr. Andi Amalia Amala (Lili).

Dalam OWOI yang disampaikan, Lili menyampaikan mengenai "Awas, Stres Karena Pekerjaan Bisa Memperpendek Usia". Dalam informasi yang dijelaskan, Lili mengatakan bahwa bekerja keras adalah hal yang baik. Namun, bekerja terlalu keras dapat berdampak buruk, seperti stres. Stress karena pekerjaan ini disebut juga burnout.

"Gejala stres karena pekerjaan itu beragam, seperti selalu merasa lelah meskipun sudah tidur cukup atau mengonsumsi minuman berkafein, kehilangan semangat dan dorongan untuk berangkat ke kantor dan bekerja, muncul pikiran-pikiran negatif seputar kehidupan profesional Anda, gangguan kognitif seperti sulit berkonsetrasi atau mengingat, kinerja yang menurun, muncul masalah pribadi di kantor, dan lain sebagainya." ucap Lili.

Dilansir dari situs hellosehat.com, Lili menyebutkan bahwa stres pada manusia bisa mengakibatkan kematian mendadak karena ritme jantung yang tidak normal. Penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Association dalam jurnal bertajuk Circulation ini mengungkapkan bahwa stres karena pekerjaan atau studi (atau apa pun yang melibatkan kinerja dan prestasi seseorang) bisa mengubah irama detak jantung manusia. Aritmia atau gangguan irama jantung yang terjadi pada orang yang stres terjadi lebih cepat dan lebih sulit dikendalikan daripada mereka yang mengalami aritmia karena alasan lain. Tekanan mental ternyata sangat berpengaruh pada sirkuit jantung. Jika stres yang dialami terlalu berat, Anda bisa tiba-tiba mengalami serangan jantung yang bersifat fatal atau mematikan.

"Stres berkepanjangan karena situasi pekerjaan bisa memotong harapan hidup alias mempercepat kematian seseorang. Ada dua faktor yang dipertimbangkan untuk mencapai kesimpulan tersebut. Faktor pertama adalah besarnya tuntutan pekerjaan yang dihadapi peserta penelitian, antara lain seperti banyaknya pekerjaan, lamanya waktu bekerja, dan konsentrasi yang dibutuhkan. Faktor kedua adalah kendali atas pekerjaan mereka. Kendali atas pekerjaan contohnya adalah keleluasaan untuk memutuskan sendiri work flow atau jadwal kerja yang paling sesuai, kebebasan untuk berpendapat, dan kesempatan untuk mengambil keputusan sendiri." ucap Lili.

Atas penyampaian OWOI tersebut, juga menjadi reminder bagi seluruh pegawai dan PPNPN KPPN Sinjai untuk senantiasa memperhatikan kesehatan dalam bekerja. Kemudian kegiatan ditutup dengan yel-yel Salam Perbendaharaan dan yel-yel KPPN Sinjai.

KPPN Sinjai, Amanmi!!
Andal, Mengemban Amanat Negara, Mengawal APBN, Indonesia Maju!!

(*)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search