Jl. H. Abdul Latief No. 4, Kab. Sinjai  Telp (0482)22246

Capacity Building, Sarana Memperkuat Sinergi

 

SINJAI - Capacity Building? Maksudnya pemenuhan kapasitas ruangan? Eits... bukan ya! Capacity Building merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas individu, kelompok, atau organisasi dalam mencapai tujuan dan visi mereka. Lantas, bagaimana pelaksanaan Capacity Building di KPPN Sinjai?

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa Capacity Building merupakan langkah suatu organisasi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya yang dimiliki dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. kapasitas yang dimaksud bisa berupa kemampuan teknis, manajerial, maupun kepemimpinan. Diyakini bahwa capacity building memiliki beberapa manfaat untuk organisasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kapasitas dan keterampilan;
  2. Meningkatkan efektivitas organisasi;
  3. Membantu organisasi menjadi lebih mandiri dan berkelanjutan; dan
  4. Membantu organisasi membangun jaringan dan kolaborasi dengan organisasi lain.

Pada KPPN Sinjai, Capacity Building untuk tahun 2023 dilaksanakan 2 kali (setiap semester). Pada periode Semester I, Capacity Building dilaksanakan di Ruang Rapat dan Lapangan KPPN Sinjai. Kegiatan merupakan kolaborasi KPPN Sinjai dengan Pemadam Kebakaran Kab. Sinjai. Fokus materi terkait langkah-langkah menghadapi kebakaran di lingkungan kantor. Pihak Pemadam Kebakaran menyebutkan hal-hal yang dapat menjadi sumber terjadinya kebakaran serta langkah preventif yang dapat ditempuh. Selain itu, narasumber juga menjelaskan pentingnya untuk mengecek tanggal kadaluarsa APAR. Pada akhir sesi, dilakukan simulasi pemadaman kebakaran menggunakan APAR.

 

 

Pada periode Semester II, Capacity Building dilaksanakan di Pantai Tete, Bone. Kegiatan berlangsung meriah dengan adanya permainan (games) untuk melatih kekompakan, kepemimpinan, dan kolaborasi para pegawai. Hal ini berkaitan dengan penerapan New Ways of Working sebagai budaya kerja baru di Kementerian Keuangan. Kepala KPPN Sinjai juga menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan sarana penguat sinergi dan koordinasi semua pegawai, sehingga diharapkan kinerja KPPN Sinjai ke depannya dapat semakin meningkat.

 

 

Nah, itu tadi merupakan penjelasan pelaksanaan Capacity Building di KPPN Sinjai. Bagaimana dengan pelaksanaan Capacity Building di unit kerja Anda?

***

KPPN Sinjai, Amanmi!!
Andal, Mengemban Amanat Negara, Mengawal APBN, Indonesia Maju!!

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search