Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

SOSIALISASI DAN BIMTEK PENYUSUNAN DAN TELAAH LAPORAN KEUANGAN TINGKAT UAPPA-W SEMESTER I TAHUN 2017

Bandung, Kamis 13 Juli 2017 - Sosialisasi Dan Bimtek Penyusunan Dan Telaah Laporan Keuangan  Tingkat UAPPA-W semester I tahun 2017 lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat dilaksanakan di Aula lantai 2 Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat.

Acara diawali dengan Laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Plt. Kepala Bidang PAPK Bapak Rizki Tavianto Karipany, dilanjutkan dengan pengarahan Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat Bapak Sochif Winarno. Dalam sambutannya Kepala Kanwil menyampaikan bahwa dalam menyusun laporan keuangan agar diperhatikan kaidah penyusunan laporan keuangan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah atau SAP dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Kegiatan ini melibatkan 138 petugas penyusun laporan tingkat wilayah dari 69 satker di wilayah kerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat. pada kegiatan ini juga disampaikan langkah-langkah dalam mewujudkan laporan keuangan yang berpredikan Wajar Tanpa Pengecualian, adapun langkah tersebut antara lain:

  1. Menerapkan mekanisme penyusunan Laporan Keuangan sesuai dengan SAP dan Peraturan Menteri Keuangan mengenai akuntansi berbasis akrual.
  2. Menindaklanjuti dan menyelesaikan temuan-temuan BPK sebelumnya dan mengantisipasi terjadinya temuan berulang.
  3. Optimalisasi pemanfaatan aplikasi E- rekon sebagai pengendalian internal dalam mewujudkan Laporan Keuangan yang lebih akurat dan akuntabel.
  4. Melakukan telaah atas Laporan Keuangan sesuai dengan PMK.222/PMK.05/2016.
  5. Pemantauan fitur monitoring data suspen.

Pada kegiatan ini, Kepala kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat memberikan penghargaan terhadap 5 satker yang pada semester I tahun 2017 ini telah menyusun laporan keuangan dengan baik. Dengan diadakannya kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan penyeragaman pemahaman dan meningkatkan kapabilitas petugas pada satker dalam meyusun laporan keuangan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search