Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

Sharing Session Membangun Zona Integritas Satuan Kerja Lingkup Jawa Barat

Bandung, 18 Agustus 2020 - Dalam rangka membangun sinergi dan komitmen bersama para unit kerja yang sedang membangun ZI menuju WBK/WBBM di wilayah Jawa Barat, Kanwil DJPb Prov. Jawa Barat pada hari Selasa, tanggal 18 Agustus 2020 mengadakan acara Sharing Session Pembangunan Zona Integritas yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.  Acara tersebut dihadiri oleh 9 (Sembilan) satuan Kerja antara lain Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Barat, Badan Kepegawaian Negara Regional III Bandung, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Bandung I, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Bandung II, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Karawang, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kuningan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bandung, dan RRI Bandung.

 Kepala Kanwil DJPb Prov. Jawa Barat, Bapak Sahat M.T. Panggabean, dalam sambutan pembukaanya menyampaikan bahwa tahapan yang paling penting dalam Zona Integritas adalah pembangunan itu sendiri. Pembangunan berarti membangun integritas pada unit instansi pemerintah melalui berbagai perubahan dan perbaikan yang terencana, massif, komprehensif, dan sistematis. Membangun integritas berarti membangun sistem, membangun manusia, dan membangun budaya. Lebih lanjut Beliau menjelaskan dalam masa pandemi Covid-19, Pembangunan Zona Integritas memiliki tantangan tersendiri. Namun bukan berarti pandemi menjadi penghalang atau penghambat dalam membangun Zona Integritas, justru harus memicu munculnya berbagai inovasi untuk makin memberi kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat secara umum maupun stakeholder secara khusus.

Dalam masa pandemi yang membatasi pertemuan tatap muka, layanan online menjadi salah satu inovasi unggulan Kanwil DJPb Prov. Jawa Barat, yaitu menerapkan “aplikasi Satu Anggaran berbasis Web” dan Aplikasi Terhibat (Register Hibah Cepat) sebagai inovasi yang dapat menyelesaikan layanan revisi anggaran dan Register Hibah.  Dengan menggunakan aplikasi tersebut di atas akan semakin memudahkan stakeholder mendapat pelayanan, sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

 Disampaikan juga pemaparan materi tentang Pembangunan Zona integritas pada Kanwil DJPb Prov. Jawa Barat, oleh Ibu Sofia Rita Diana, selaku Ketua Tim Pembangunan ZI Kanwil DJPb Prov. Jawa Barat. Ibu Sofia menjelaskan bagaimana melakukan pembangunan Zona Integritas dengan melakukan 6 area yang harus dibangun yaitu manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

 Diharapkan melalui acara Sharing Session dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada Satun Kerja di wilayah Jawa Barat,  pembangunan Zona Integritas ditengah pandemi Covid-19 bisa berjalan dengan baik dan sukses, dengan berbagi pengalaman dan tukar informasi dari para Satker yang telah berhasil memperoleh predikat WBK/WBBM. Disamping itu sinergi yang dilakukan dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada Satun Kerja di wilayah Jawa Barat untuk mendukung Visi Gubernur Jawa Barat “Jawa Barat Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi”.

Para satuan kerja yang mengikuti acara tersebut sangat antusia membagi pengalaman dan saling bertukar informasi serta bertanya mengenai cara sukses melakukan 6 area perubahan pola pikir pegawai dan pimpinan yang menjadi role model dalam membangun Zona Integritas. (Kontributor : Harum W)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search