Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

Kawal Pandemi, Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat Lakukan Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan 2021

     Pembukaan Sosialisai Oleh Kanwil DJPb JabarDalam upaya meningkatkan kualitas akuntabilitas pengelolaan Keuangan Negara, serta dalam rangka pengembangan, implementasi, penyempurnaan kebijakan akuntansi, dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman para stakeholder, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan bekerjasama dengan Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat mengadakan acara Sosialisasi Peraturan dan Update Aplikasi Pelaporan Keuangan Tahun 2021 Lingkup Provinsi Jawa Barat dengan tema “Mengawal Penanganan Pandemi dengan Menjaga Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan”. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 29 Juni  2021 secara daring melalui zoom meeting yang diikuti oleh seluruh satuan kerja lingkup Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat.

keynote speech oleh Dir. APKAcara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat Dedi Sopandi, dalam sambutannya mengatakan bahwa pada laporan keuangan Kementerian Lembaga tahun 2020 meskipun masih dalam kondisi pandemi covid-19, atas strategi dan kebijakan yang luar biasa penanganan pandemi covid19 dan penyelamatan perekonomian dari dampak tersebut, proses bisnis dan pencatatan laporan keuangan selama tahun 2020 tidak diberlakukan khusus sebagai pencatatan dan kejadian luar biasa demikian juga untuk proses Audited. Dilanjutkan dengan Keynote Speech oleh Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Wiwin Istanti. Pada kesempatannya, beliau menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh satuan kerja yang telah memberikan kontribusi dalam menyusun laporan keuangan tingkat satker yg merupakan input utama dalam penyusunan LKPP tahun 2020. Berdasarkan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Lembaga Tahun 2020 pada 86 LKKL dan 1 LKBUN bahwa sebanyak 84 Kementerian Lembaga memperoleh opini WTP dan 2 Kementerian Lembaga memperoleh opini WDP serta Laporan Keuangan BUN memperoleh opini WTP yang telah mencapai 5 kali berturut-turut. hal ini merupakan capaian yang baik di tahun 2020 dan terjadi peningkatan kualitas Laporan Keuangan Kementerian Lembaga ditandai dengan tidak ada lagi Kementerian Lembaga yang mendapat opini Disclaimer. Pencapaian ini tentu saja adalah kerja keras dan komitmen seluruh satker dalam menyusun Laporan Keuangan yang berkualitas sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan. Ibu Direktur juga berharap kita semua berkomitmen dan berupaya keras dan bersinergi dengan baik sehingga opini WTP dapat di pertahankan di tahun 2021 dan tahun-tahun mendatang.

sesi tanya jawab saat sosialisasiHadir sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini tim dari Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan yaitu Rahmat Mulyono Kepala Subdirektorat Sistem Akuntansi, Hesti Prastiwi Kepala Seksi Sistem Akuntansi Instansi, Didied Ary Setyanang Kepala Seksi Sistem Akuntansi Bendahara Umum Negara dan moderator Abdul Rahman Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat. Adapun materi yang dipaparkan antara lain current issue akuntansi dan pelaporan keuangan tahun 2021 dan pelaporan PC PEN serta penyusunan LKKL dan update aplikasi pelaporan tahun 2021.

Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan para pengelola dan penyusun keuangan dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia, menjaring dan menyelesaikan permasalahan yang ditemukan pada Laporan Keuangan 2020 dalam rangka meningkatkan kualitas laporan keuangan tahun 2021. Acara berlangsung dengan hangat terlihat dari antusias para peserta memberikan berbagai pertanyaan serta diskusi.peserta sosialisasi

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search