Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

Nuzulul Quran Kanwil DJPb Prov Jabar

 

 

Bertepatan dengan hari ke 17 Ramadhan 1443H, Kanwil DJPb Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Tausiah dalam rangka Nuzulul Quran pemberian santunan kepada 30 anak yatim, dan ditutup dengan buka puasa bersama. Seluruh pejabat dan pegawai yang hadir di Aula Soekarno antusias mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz M. Sobirin M.MPd.

Ceramah Terkait turunnya Al Quran, Allah berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." Ada dua tahapan proses diturunkannya Al Qur'an :
1. Al Qur'an diturunkan dari Lauh Mahfuz ke langit dunia (Baitul 'izzah) brp kitab yang utuh. Pada tahap ini, Al-Quran diturunkan pada malam lailatul qadar.
2. Al Qur'an diturunkan secara bertahap melalui Malaikat Jibril kepada Rasulullah selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Kesepakatan ulama bahwa Al Qur'an diturunkan pada malam 17 Ramadhan. Pada waktu itu usia Rosullullah 40 th ketika beliau sedang menyepi berkholwat hanya dengan Alloh SWT di Gua Hiro, Jabal Nur. Al Qur'an diturunkan melalui perantara malaikat jibril, pada waktu kali pertama berwujud manusia, menyampaikan surat Al 'Alaq 1-5.
Malaikat jibril menampakkan wujud aslinya saat iditurunkan wahyu kedua surat Al-Mudatsir: 1-5.
Rasulullah SAW tidak mengira bahwa Allah SWT menciptakan makhluk sangat besar seperti Malaikat Jibril. Sayap yang dimilikinya memiliki ukuran seluas antara timur dan barat.
Tak hanya menyampaikan wahyu, malaikat jibril juga diciptakan dengan kemuliaan dan kekuatan. Hal ini sesuai firman Allah SWT: “Sesungguhnya Al-Qur’an itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai Arsy, yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya. (QS. At-Takwir: 19-21).
Mulianya Al Qur'an maka yg membawanya pun hanya makhluk yg mulia.
Muliakan Al Qur'an jangan diletakkan di bawah atau ditempat yg tidak layak. Al Qur'an adalah surat cinta dari Allah Ta’ala kepada manusia.
Mulia kitabnya, mulia isinya.

Kewajiban kita thd Al Qur'an:
1. Membacanya, malu dgn tuna netra yg tadi membaca Al-Qur'an. Kita diberi mata yg sempurna harusnya bersyukur dengan senantiasa membaca Al-Qur'an.
Ada 2 kondisi saat kita berkomunikasi dgn Alloh...yg pertama saat sholat, yg kedua saat membaca Al-Qur'an...Alloh sdg berbicara dgn kita, bkn dgn org lain.
Sinarilah rumahmu dgn Al Qur'an ( dlm pandangan malaikat rumah yg sering dibacakan Al Qur'an menjadi rumah yg terang)
Al Qur'an terbaik dibaca saat sholat. Maka Rosullullah bacaannya Qur'an nya panjang2, bahkan kakinya sampai bengkak saat sholat malam.
Pastikan kita khotam Al Qur'an minimal saat bulan Ramadhan.
2. Memahami Al Qur'an, baca terjemahan, mendengarkan ceramah ulama utk penjelasannya atau tafsirnya.
3. Menghafalkan Al Qur'an, apalagi untuk bapak2 krn sbg imam di keluarga.
4. Mengamalkannya, karena ilmu tdk diamalkan spt pohon yg tdk berbuah. Akhlak adalah buah dr amal.
5. Mendakwahkannya. Walaupun bukan ulama, setiap muslim wajib menyampaikan walau satu ayat.
Smg Alloh SWT mendekatkan kita dengan Al Qur'an. Aamiin ya robbal'alamiin.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search