Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

Rapat Komite ALCo Regional Jawa Barat Kinerja APBN Bulan Januari Tahun 2023

 
          Kegiatan Rapat Komite Asset Liability Comittee (ALCo) Regional Provinsi Jawa Barat untuk data realisasi sampai dengan 31 Januari 2023 sukses diselenggarakan. Acara Rapat Komite ALCo dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2023 dan mengambil tempat di Auditorium Gedung Keuangan Negara (GKN) Bandung. Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani menyampaikan Opening Speech dan Arahan Substansi ALCo Pusat pada acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar komponen, tidak hanya internal Kemenkeu Satu, tetapi juga dengan pihak eksternal. Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik, OJK, dan juga Pemda semua berkontribusi sesuai bidang tugasnya dengan memberikan masukan dan solusi atas berbagai permasalahan untuk pembangunan di wilayah masing-masing tidak hanya Provinsi tetapi juga Kabupaten/Kota.

 Perekonomian Indonesia 2022 yang tumbuh solid menjadi pondasi kuat dalam menghadapi risiko global di tahun 2023. Beberapa kinerja positif selama tahun 2022 antara lain pertumbuhan ekonomi membaik, tingkat inflasi terkendali, defisit APBN dapat dikendalikan di bawah 3 persen, kinerja Neraca Perdagangan baik, serta tingkat kemiskinan dan pengangguran  terkendali.

Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat sekaligus Kepala Perwakilan Kemenkeu Jawa Barat, Heru Pudyo Nugroho memaparkan materi terkait kinerja APBN bulan Januari 2023. Mengawali tahun 2023, kinerja APBN di bulan Januari sangat baik didukung kinerja pendapatan yang kuat serta diimbangi belanja yang cukup terjaga. Realisasi pendapatan negara tercatat sebesar Rp13,93 triliun, tumbuh signifikan sebesar 22,31 persen, sedangkan belanja negara terealisasi sebesar Rp5,45 triliun atau 4,85 persen dari pagu anggaran 2023. Dengan demikian surplus APBN bulan Januari 2023 tercatat sebesar 8,48 triliun.

Kinerja APBN Januari 2023 menumbuhkan optimisme bagi pemulihan ekonomi yang lebih kuat dengan tetap mewaspadai risiko perekonomian global. APBN terus diupayakan untuk berkontribusi nyata dan dirasakan langsung oleh masyarakat melalui berbagai program prioritas saat ini seperti bidang kesehatan, pendidikan, fasilitas publik, dan bantuan sosial.

Rapat Komite ALCo Regional Jawa Barat kali ini terasa lebih istimewa dibandingkan rapat bulan sebelumnya. Selain dihadiri langsung oleh Dirjen Bea dan Cukai, turut hadir pula sebagai pembahas, Oza Olavia Staff Ahli Kemenkeu Bidang Penerimaan Negara dan Titik Anas Staff Khusus Kemenkeu Bidang Perumusan Kebijakan Fiskal  Regional. Acara rapat juga menghadirkan narasumber dari Local Expert, Ferry Hadiyanto Kepala Prodi Magister Ilmu Ekonomi FEB Unpad, dan Mei Ling Tenaga Pengkaji Bidang Perbendaharaan Kementerian Keuangan sebagai moderator. Di samping itu, seluruh Kepala Kanwil Kemenkeu Satu Jawa Barat termasuk Kepala BDK Cimahi hadir dalam Rapat Komite ALCo tersebut. 

Peserta yang hadir sebagai undangan pada acara tersebut berasal dari BPS Provinsi Jawa Barat, OJK Regional Jawa Barat dan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat. Sedangkan dari Pemda Provinsi Jawa Barat diwakili oleh Bappeda dan BKAD. Masing-masing perwakilan peserta memberikan tanggapan dan masukan sesuai dengan bidang tugasnya.

Rangkaian kegiatan Rapat Komite ALCo Regional Jawa Barat untuk Kinerja APBN Provinsi Jawa Barat bulan Januari 2023 ditutup dengan acara Konferensi Pers pada siang hari. Konferensi Pers ALCo Regional Jawa Barat untuk data realisasi sampai dengan 31 Januari 2023 dipimpin Staff Ahli Kemenkeu Bidang Penerimaan Negara, sedangkan materi disampaikan Dirjen Bea Cukai dan Kepala Perwakilan Kemenkeu Jawa Barat. (Kensoes, Kanwil DJPb Jabar)

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search