Berita dan Artikel

Informasi Seputar Kinerja dan Realisasi APBN Wilayah Provinsi Jawa Barat

BAZAR UMKM 2023 KANWIL DJPB PROVINSI JAWA BARAT KEMENKEU HADIR UNTUK UMKM DI DAERAH

 

Dukungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Barat terhadap pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan Bazar UMKM 2023. Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 5 Maret 2023 dan bertempat di halaman depan Kanwil DJPb Jawa Barat menghadirkan puluhan pelaku UMKM terpilih dengan bermacam produk yang dipasarkan. Total pelaku usaha yang mengikuti Bazar UMKM 2023 sebanyak 60 peserta didominasi usaha kuliner dan selebihnya bervariasi dari produk pakaian, kerajinan tangan dan lainnya. Puncak acara Bazar UMKM 2023 dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat sekaligus sebagai Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat, Bapak Heru Pudyo Nugroho. 

Peran penting UMKM sebagai salah satu motor penggerak pemulihan ekonomi telah memberikan kontribusi yang sedemikian besar terhadap perekonomian Indonesia. UMKM terbukti mampu bertahan terhadap krisis yang melanda Indonesia termasuk pada masa pandemi Covid-19. Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan turut berupaya mengembangkan dan menguatkan sektor UMKM salah satunya melalui kegiatan Bazar UMKM. Bazar UMKM 2023 digelar serentak di seluruh Kanwil DJPb dalam rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan ke-19 bertajuk Pekan UMKM Hari Bakti Perbendaharaan dengan tema Kemenkeu Hadir Untuk UMKM di Daerah.

Sinergi pemberdayaan UMKM dilakukan seluruh jajaran Kemenkeu Satu Jawa Barat. Tiap unit eselon II (Kanwil DJPb, Kanwil DJP, Kanwil DJBC, dan Kanwil DJKN) serta Balai Diklat Keuangan Cimahi memiliki program pemberdayaan UMKM dengan peran dan karakteristik masing-masing sesuai dengan bidang tugasnya. Pada kegiatan Bazar 2023 ini, sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi Kemenkeu Satu Jawa Barat diadakan pula acara Sosialisasi kepada para pengunjung dan pelaku UMKM dengan tema Kemenkeu Hadir Untuk UMKM di Daerah. Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih menyeluruh terkait kebijakan-kebijakan di Kementerian Keuangan terhadap pengembangan dan penguatan UMKM. Kebijakan tersebut antara lain berupa kebijakan ekspor, pajak, lelang, sisi pembiayaan, dan pelatihan UMKM.

Kerja sama Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat dengan mitra kerja di luar Kemenkeu seperti Bank Himbara, Bank Syariah Indonesia (BSI), Pegadaian, dan Permodalan Nasional Mandiri (PNM) diwujudkan dalam bentuk partisipasi UMKM binaan mereka menjadi peserta Bazar UMKM. Sebagai penunjang kegiatan Bazar, selain acara Sosialisasi yang melibatkan Narasumber dari Kemenkeu Satu, ada juga acara Talk Show Peningkatan Kapasitas UMKM. Peserta Talk Show merupakan komunitas UMKM dengan beberapa materi yang menarik yaitu tentang Digital Marketing disampaikan oleh narasumber dari BRI, Narasumber dari PNM memaparkan materi Perizinan NIB, PIRT, dan sertifikat halal dan tak kalah menarik sesi Sharing keberhasilan UMKM. Selain itu, untuk lebih mendekatkan Kanwil DJPb Jawa Barat dengan masyarakat umum, diadakan kegiatan Lomba Mewarnai dan Lomba Fashion Show dengan peserta siswa SD dan TK di sekitar Kanwil DJPb Provinsi Jawa Barat. Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat, diadakan Layanan Kesehatan dari RS Dustira bagi pengunjung yang menghadiri Bazar UMKM 2023.

Kementerian Keuangan baik di tingkat Pusat maupun Daerah akan terus dan selalu mendukung upaya pemerintah dalam setiap program pemberdayaan UMKM untuk bangkit pasca pandemi Covid-19. Melalui kegiatan Pekan UMKM Hari Bakti Perbendaharaan, Kemenkeu benar-benar hadir untuk UMKM di daerah khususnya wilayah Provinsi Jawa Barat. UMKM bangkit bersama Kemenkeu Satu Jawa Barat. (kensoes, Kanwil DJPb Jabar)

***

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search