Sampai dengan Triwulan I 2021 Kanwil DJPb Provinsi NTB juga telah menciptakan berbagai inovasi untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, peningkatan layanan kepada mitra kerja dan dalam rangka pencapaian target kinerja organisasi. Adapun inovasi yang telah diciptakan adalah sebagai berikut:
- SILAQ LAPOR
Inovasi pengaduan SILAQ LAPOR merupakan Inovasi Kanwil DJPb Provinsi NTB yang bertujuan untuk menampung laporan/keluhan masyarakat termasuk satuan kerja, terkait dengan layanan yang diberikan oleh Kanwil DJPb NTB. Aplikasi ini merupakan hasil replikasi dari Modul Pengaduan Berugak (Berani Adukan Gratifikasi dan Pelayanan Kami) yang ada pada Aplikasi Layanan Online milik KPPN Selong. Keutamaan Aplikasi ini adalah aduan masyarakat dapat langsung dimonitoring dan ditindaklanjuti oleh Kanwil DJPb NTB Aplikasi Silaq Lapor ini ditautkan pada website resmi milik Kanwil DJPb NTB (www.djpbn.kemenkeu.go.id/kanwil/ntb) pada menu Layanan Eksternal. Aplikasi SILAQ LAPOR merupakan aplikasi pendamping Sipandu yang telah digunakan secara Nasional. Pada tampilan Aplikasi SILAQ LAPOR, juga ditampilkan nomor handphone Kepala Kanwil DJPb NTB serta tautan Aplikasi SIPANDU sebagai alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat dan satuan kerja apabila ada pengaduan.
- BEGIBUNG DI SENGGIGI (BDS)
BEGIBUNG DI SENGGIGI merupakan salah satu inovasi non IT kepunyaan Kanwil DJPb Provinsi NTB. Berasal dari akronim Briefing Pagi Semua Bergabung Sharing Penting Pagi-Pagi. BEGIBUNG DI SENGGIGI merupakan kegiatan briefing pagi yang dilakukan di hari Senin pada Minggu I dan III setiap bulannya. Aktifitas briefing pagi ini bertujuan untuk mengevaluasi penyelesaian tugas-tugas Kantor Wilayah dan KPPN selama dua minggu sebelumnya dan menyiapkan rencana aksi untuk dua minggu kedepannya. Peserta kegiatan utamanya adalah para pejabat eselon III dan IV namun tidak menutup kemungkinan dihadiri oleh seluruh pegawai tergantung pada agenda pembahasannya. Acara ini sendiri dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah.
- BERAJAH
BERAJAH (Berinteraksi Jarak Jauh Tanpa Hambatan). Pegawai yang sedang melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh maupun Video Conferences akan diberikan tanda pengenal untuk menunjang fokus terhadap kegiatan tersebut tanpa interupsi dari pegawai lain dan/atau lingkungan. Pandemi COVID-19 mengubah mekanisme pelatihan maupun pembelajaran menjadi tanpa tatap muka, dilaksanakan secara online di tempat peserta masing-masing. Untuk mengurangi gangguan dari pegawai lain, diperlukan tanda untuk menunjukkan jika pegawai tersebut sedang berlatih/belajar. Subbagian Kepegawaian menjadi PIC yang bertanggung jawab atas pemberian akses tanda berajah kepada pegawai yang memperoleh surat tugas (ST) untuk mengikuti PJJ / Vidcon.
- APLIKASI MANDALIKA
Mandalika merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Kanwil DJPb NTB dalam rangka peningkatan kualitas layanan kepada stakeholders. Inovasi Mandalika dikembangkan dengan latar belakang kebutuhan pengelolaan antrian proses revisi DIPA yang merupakan tupoksi dari Bidang PPA I Kanwil DJPb NTB. Dengan jumlah satuan kerja di lingkup Kanwil DJPb NTB yang mencapai 376 satker, maka proses pengajuan revisi menjadi tantangan tersendiri, yang memerlukan pengelolaan agar dapat terselesaikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan sekaligus kepuasan bagi para stakeholder. Sesuai dengan janji layanan Kanwil DJPb NTB, proses revisi DIPA diharuskan selesai dalam jangka waktu 1 hari saja. Sistem antrian revisi DIPA, akan membantu realisasi janji layanan tersebut, sekaligus juga memudahkan para pelaksana tugas di bagian revisi DIPA untuk mengelola usulan revisi agar dapat diselesaikan dengan baik dan tertib. Saat ini Inovasi Mandalika telah diperbarui, baik dari sisi tampilan maupun fungsinya. Data antrian yang masuk akan terkirim via email kepada satker sebagai bukti antrian, dan kepada petugas di PA1 Kanwil DJPb prov. NTB sebagai notifikasi agar cepat ditindaklanjuti. Selain itu, ditambahkan juga fitur manajemen status data, untuk mempermudah petugas di PA1 dalam menangani revisi satker. Inovasi Mandalika dapat diakses oleh Satuan Kerja di Aplikasi www.kanwildjpbntb.com pada modul Mandalika
- APLIKASI BUMI GORA
BUMI GORA merupakan sebuah inovasi dari Kanwil DJPB NTB berbasis IT, yang merupakan wadah bagi satker-satker lingkup Kanwil DJPb Provinsi NTB untuk berkonsultasi langsung kepada pejabat/pegawai Bidang PPA I terkait layanan revisi, konsultasi mengenai peraturan, aplikasi, maupun permasalahaan yang dihadapi saat melakukan proses revisi anggaran. Grup Whatsapps ini dibagi menjadi 4 untuk tiap satker dari masing-masing KPPN lingkup NTB (Mataram, Selong, Sumbawa Besar dan Bima). Konsultasi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui daring dan pegawai Bidang PPA I siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut baik di dalam maupun di luar jam kerja.
- APLIKASI MONITORNG JAMINAN
Aplikasi Monitoring Jaminan merupakan aplikasi yang dikembangkan secara mandiri oleh Kanwil DJPb NTB dalam rangka ketertiban pengelolaan jaminan yang ada pada KPPN di lingkup Kanwil DJPb NTB. Sebelumnya, fungsi aplikasi ini sudah dibangun di KPPN Sumbawa Besar. Dengan desain sistem serta konsep aplikasi yang serupa, Kanwil DJPb NTB kemudian membangun aplikasi Monitoring jaminan untuk lingkup Kanwil DJPB NTB, untuk memudahkan monitoring terhadap pengelolaan jaminan di setiap KPPN di lingkup Kanwil DJPb NTB.
Aplikasi ini dibangun menggunakan Framework Codeigniter dengan database MySQL. Memiliki 2 role, yaitu Role Kanwil untuk memonitor data jaminan, dan role KPPN sebagai penyedia data jaminan. Pada aplikasi ini, softcopy jaminan diinput, berikut data-data yang melekat, misalnya data supplier, data waktu berakhirnya jaminan serta nilai jaminan. Berdasarkan data waktu berakhirnya jaminan, pada tampilan data diberikan notifikasi warna, untuk mengingatkan jaminan yang akan jatuh tempo atau yang terlambat. Aplikasi ini dapat diakses di alamat : 10.68.60.17/DJPbntbonline di menu Monitoring Jaminan.
- MERARIK
MERARIK merupakan sebuah inovasi dari Kanwil DJPB NTB berupa pemutaran rekaman suara pembacaan Kode Etik Pegawai, yang dilakukan di setiap pagi hari di Kanwil DJPB NTB. Rekaman suara ini diperdengarkan ke seluruh pegawai melalui sistem audio internal yang dibangun dan tersebar di seluruh ruangan. Harapannya adalah agar nilai-nilai kode etik Kementerian Keuangan melekat di jiwa pribadi masing-masing pegawai sehingga secara psikologis segala tindak tanduk dan perilaku pegawai mencerminkan etika sebagai pegawai Kementerian Keuangan. Selain Kode Etik juga dibacakan mengenai nilai-nilai Kementerian Keuangan.
- MELE JARI
Dalam Bahasa Sasak, Mele Jari berarti keinginan atau cita-cita. Inovasi ini berwujud kata-kata motivasi yang diaplikasikan ke sign plate kemudian ditempelkan pada tempat-tempat strategis di sekitar area kantor. Motivasi sendiri berarti alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan seorang individu. Seseorang yang memiliki motivasi tinggi dapat diartikan bahwa orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. Motivasi juga berarti sebuah semangat seperti yang dikenal oleh masyarakat luas saat ini.
Mele Jari muncul sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan motivasi pada diri seluruh elemen SDM yang ada pada unit kerja Kanwil DJPb NTB agar terus memiliki alasan yang kuat dan selalu bersemangat untuk dapat mencapai tujuan atas apa yang dikerjakan sehingga dapat juga memberi dampak positif pada organisasi.