Pengadaan Barang dan Jasa selalu menjadi perhatian dalam pengelolaan keuangan negara karena memakan porsi yang cukup besar dalam APBN. Selain itu, proses pengadaan selalu menjadi momok menakutkan bagi Pegawai Negeri Sipil karena banyak sekali kasus korupsi yang bermula dari proses pengadaan barang dan jasa yang tidak benar. Namun sekarang, setidaknya kita tidak perlu terlalu khawatir, karena untuk pengadaan barang dan jasa sudah dibantu menggunakan sistem yang canggih dan memiliki pengelolaan database yang cukup baik sehingga proses pengadaan menjadi sangat mudah. Salah satunya adalah menggunakan Aplikasi SIMPEL yang dibesut oleh LPSE Kementerian Keuangan.
Proses pengadaan melalui SIMPEL sangat mudah. Pengguna/Satker cukup membuat akun, melengkapi data. Dan selanjutnya langsung bisa mengeksekusi proses pengadaan langsung dari sistem. Pengelola yang tersedia sudah sangat banyak sehingga kebutuhan perkantoran kita bisa segera terpenuhi. Disamping itu, dengan SIMPEL ini sangat membantu bendahara pengeluaran dalam proses SPJ karena dari aplikasi sudah tersedia output untuk SPJ. Jadi, kita tidak perlu pusing lagi untuk urusan dokumen pertanggungjawaban.
Alhamdulillah, KPPN Kuala Tungkal hari ini untuk telah berhasil melaksanakan proses pengadaan melalui Aplikasi SIMPEL ini. Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, prosesnya sangat mudah. Kita semua berharap, proses pengadaan barang/jasa di satuan kerja di seluruh Indonesia ke depannya akan menjadi lebih baik, lebih mudah, dan lebih SIMPEL tentunya. (ASB)
Dokumentasi :