Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 79, Kota Padang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Stakeholder’s Day: Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Keuangan Semester I Tahun 2022 dan Sosialisasi Anti Korupsi serta Seremonial Penyerahan Hadiah Treasury Youth Competition 2022

     Pada tanggal 18 Agustus 2022 telah diselenggarakan kegiatan “STAKEHOLDER’S DAY : EVALUASI KINERJA PELAKSANAAN ANGGARAN DAN PELAPORAN KEUANGAN SEMESTER I TAHUN 2022 DAN SOSIALISASI ANTI KORUPSI SERTA SEREMONIAL PENYERAHAN HADIAH TREASURY YOUTH COMPETITION 2022 Dengan semboyan : “SATU LANGKAH BERSAMA MENUJU APBN HANDAL”

      Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai wujud monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran Semester I 2022. Kegiatan ini diawali dengan penyampaian keynotespeech tentang Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Keuangan Satuan Kerja KPPN Padang Semester I Tahun 2022 serta Sosialisasi Antikorupsi oleh perwakilan Kepala Kanwil DJPb Prov Sumatera Barat yang diwakilkan oleh Bapak Yovi Candra. Pada keynotespeech disampaikan bahwa pagu belanja yang disalurkan melalui KPPN pada tahun 2022 adalah sebesar Rp7,75 Triliun untuk belanja dan sebesar Rp1,42 Trilyun untuk dana transfer. Sampai dengan semester I tahun 2022, kinerja realisasi belanja lingkup KPPN Padang untuk belanja pegawai adalah sebesar Rp1,6 Triliun atau sebesar 56,92%, belanja barang sebesar Rp1,1 Triliun atau sebesar 38,98%, belanja modal Rp0,55 Triliun (26,78%) dan belanja bantuan sosial sebesar Rp5,5 Milyar (48,12%). Total pengeluaran APBN lingkup KPPN Padang sebesar Rp3,28 Triliun atau rata-rata sebesar 42,3% dari pagu belanja dan untuk transfer sebesar Rp0,4 Triliun (48,12%). Pengeluaran belanja ini diharapkan dapat menjadi trigger masyarakat dalam pemulihan ekonomi utamanya di Sumatera Barat.

     Kegiatan inti yang kedua adalah penyampaian materi Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan Pelaporan Keuangan Satuan Kerja KPPN Padang Semester I Tahun 2022 serta Sosialisasi Antikorupsi yang membahas ISO SMAP dan Pengendaliaan Gratifikasi oleh Ibu Tisari Yona Geumila selaku Kepala KPPN Padang.

Ibu Tisari Yona Geumila menyampaikan Langkah strategis Pelaksanaan Anggaran Semester II 2022 yakni : 

  • Memperhatikan target penyerapan anggaran tiap triwulan yang diatur dalam diatur dalam PER-5/PB/2022
  • Melakukan pembayaran tagihan kepada pihak ketiga secara tepat waktu dimana batas pembayaran LS kontraktual=17 hari kerja sejak BAST (PMK 190/PMK.05/2012)
  • Pengajuan Revisi Pemutakhiran Rencana Penarikan Dana (Hal III DIPA) setiap awal triwulan ke Kanwil DJPb Prov. Sumatera Barat
  • PPSPM memeriksa dan memastikan kesesuaian uraian SPM
  • PPK memastikan data progress capaian output disampaikan tepat
  • Mendaftarkan data penerima pembayaran dengan benar dan valid sesuai rekening penerima agar meminimalisir adanya retur
  • Penyelesaian pekerjaan kontraktual dengan nilai Rp50.000.000,00 s.d. Rp200.000.000,00 dengan segera karena dengan adanya akselerasi belanja akan mempercepat perputaran perekonomian
  • Pertanggungjawaban Uang Persediaan yang tepat waktu

     Pada kesempatan ini, Kepala KPPN juga mengaskan terkait sosialisasi antikorupsi bahwa KPPN Padang tidak menerima semua gratifikasi dan juga menjelaskan kebijakan antipenyuapan KPPN Padang dalam rangka mendukung implementasi ISO SMAP. Pokok acara yang ketiga adalah Pengumuman Penghargaan KPPN Padang Award. Kegiatan ini merupakan kegiatan Pemberian Penghargaan kepada Satuan Kerja dan Pemerintah Daerah Terbaik yang diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori sebagai berikut:

  1. Satker dengan IKPA TERBAIK Konversi Bobot 100%
  2. Satker dengan IKPA TERBAIK Konversi Bobot <100%
  3. Satker Penyaluran Gaji Induk Terbaik
  4. Satker LPJ Terbaik
  5. Satker Pengguna KKP Terbesar
  6. Pemerintah Daerah dengan Kinerja Penyaluran Dana Desa Terbaik
  7. Pemerintah Daerah dengan Kinerja Penyaluran DAK Fisik Terbaik  

   

   Selain itu juga diserahkan Pemenang kegiatan Treasury Youth Competition 2022 yang merupakan ajang lomba terkait APBN dan Perbendaharaan yang ditujukan untuk siswa SMA/sederajat yang dirangkum dalam tiga kategori lomba yakni:

  1. Lomba Artikel
  2. Lomba Infografis
  3. Lomba Video

     Secara keseluruhan, seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan khidmat. Tidak ada kendala yang cukup berarti terjadi dari pelaksanaan kegiatan hingga penutupan. Penyelenggaraan acara ini mendapatkan apresiasi dan animo apresiasi yang tinggi dari pada satuan kerja mitra KPPN Padang. Seluruh rangkaian acara ini ditujukan agar senantiasa membawa manfaat dan menjadi pemantik semangat untuk lebih baik lagi dalam pelaksanaan anggaran dan pelaporan keuangan di periode selanjutnya serta semakin memotivasi adik-adik generasi muda Sumatera Barat untuk terus berkarya memberikan pengabdian terbaik untuk negeri.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search