KPPN Khusus Penerimaan

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kegiatan Capacity Building Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Khusus Penerimaan

  

 

KPPN Khusus Penerimaan merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab secara administrasi kepala Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi DKI Jakartadan secara teknis fungsional kepada Direktur Pengelolaan Kas Negara. Sesuai nota dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan nomor ND2595/PB.1/2022 perlu standardisasi kegiatan di KPPN. Salah satu area penguatan adalah penguatan manajemen internal, dimana kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan motivasi dan solidaritas antar pegawai sehingga dapat berdampak pada peningkatan kinerja pegawai dan organisasi KPPN.

Terdapat beberapa aspek yang dapat dilaksanakan dalam penguatan manajemen internal, salah satunya adalah penguatan SDM yaitu capacity building/internal gathering KPPN, morning call, doa bersama dan arahan pagi, serta pembinaan mental dan kerohanian. Kegiatan capacity building/internal gathering KPPN dilaksanakan setiap triwulan. Kegiatan capacity building/internal gathering KPPN Khusus Penerimaan triwulan II 2023 dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juni 2023 di Caringin Kabupaten Bogor. Kegiatan capacity building/internal gathering KPPN Khusus Penerimaan triwulan II 2023 dilaksanakan dengan mengambil tema “Strengthening Integrity In Unity…one voice, one team, one family”. Tema ini dipilih, mengingat penguatan integritas saat ini sangat penting dan menjadi fokus Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam membangun SDM yang berkualitas

Maksud dan tujuan dilaksanakannnya kegiatan capacity building ini adalah memperkuat sinergi dan kerja sama para pegawai KPPN Khusus Penerimaan, meningkiatkan kapasitas SDM KPPN Khusus Penerimaan, meningkatkan penguatan integritas pegawai KPPN Khusus Penerimaan dan Menunjang Upaya peningkatan kualitas layanan kepada stakeholder. Ringkasan pelaksanaan kegiatan capacity building diawali dengan kegiatan outbound. Namun sebelum kegiatan dilaksanakan, kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa, kemudian dilanjutkan sambutan Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Bapak Siswanto. Dalam sambutannya Kepala KPPN Khusus Penerimaan mengharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan capacity building ini akan mampu :

  1. memperkuat sinergi dan kebersamaan antar pegawai pada KPPN Khusus Penerimaan serta dapat meningkatkan kinerja pegawai
  2. meningkatkan pelayanan kepada stakeholder tetap menjaga integritas.

Kepala KPPN KP juga berharap agar kegiatan capacity building ini berjalan dengan lancar dan semua pegawai dapat mengikuti rangkaian kegiatan capacity building ini dengan sebaik-baiknya. Kegiatan outbound dilanjutkan dengan beberapa games dimana peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok. Game pertama yaitu Volley Taplak yaitu peserta bermain volley tapi tidak menggunakan bola volley dan tangan namun menggunakan kain taplak dan balon berisi air. Maksud dari game ini adalah untuk melatih Team Work, komunikasi dan fokus peserta. Game selanjutnya adalah gladiator dimana satu peserta setiap group berada di dalam arena dengan ditutup wajahnya. Selanjutnya diberikan air dalam plastik sebagai senjata untuk mengalahkan lawannya dengan arahan dari temen-temannya dari luar arena. Game ini juga bertujuan untuk melatih Team Work, komunikasi dan fokus peserta. Kegiatan dilanjutkan dengan permaian paintball di area perkebunan hotel dan rafting di sungai Cisadane.

Pada malam harinya kegiatan diisi dengan kegiatan ramah tamah dengan konsep santai. Kegiatan diawali dengan laporan Kepala KPPN Khusus Penerimaan kepada Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta. Pada laporannya Kepala KPPN menyampaikan beberapa hal :

  1. Terima kasih atas kehadiran Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI, hal ini membuktikan dukungan beliau dalam upaya peningkatan kinerja dan motivasi terhadap penatausahaan transaksi Penerimaan Negara
  2. Tema capacity building triwulan II 2023 ini mengambil Tema “Strengthening Integrity in Unity ... one voice, one team, one family”. Tema ini dipilih dengan tujuan untuk meningkatkan dan menguatkan nilai-nilai integritas semua pegawai KPPN Khusus Penerimaan. Walaupun pegawai KPPN KP berasal dari latar belakang suku dan agama yang berbeda-beda, namun kami telah melebur menjadi satu (satu suara, satu tim, dan satu keluarga)
  3. Dalam survei integritas internal DJPb, KPPN KP memperoleh nilai 97,57%. Nilai tersebut di atas rata-rata capaian Survei Integritas Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta sebesar 93,62% dan di atas rata-rata capaian Survei Integritas Nasional Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebesar 94,08%. Untuk menjaga dan meningkatkan hasil survei tersebut, KPPN KP mengambil langkah-langkah penguatan integritas, salah satunya dengan menyelenggarakan Capacity Building ini yang dalam pelaksanaannya selalu mengingatkan kepada seluruh peserta untuk selalu menjaga integritas.
  4. Kegiatan capacity building ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan: satu suara, satu tim, dan satu keluarga serta meningkatkan integritas dan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan lainnya.

Acara selanjutnya adalah arahan dari Ibu Mei Ling Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi DKI Jakarta. Dalam arahannya beliau sependapat dengan tema kegiatan capacity building yaitu “Strengthening Integrity in Unity ... one voice, one team, one family”. Tema ini sangat powerful dan sesuai dengan kondisi saat ini, dimana kita sedang memperkuat integritas dengan langkahlangkah peningkatan integritas yang telah kita susun bersama. Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta juga mengapresiasi capaian hasil Survey Integritas Internal KPPN Khusus Penerimaan yang memperoleh nilai rata-rata 97,57% dengan harapan agar para pegawai KPPN Khusus Penerimaan dapat mempertahankan capaian yang sudah bagus ini dan meningkatkan capaiannya lagi dimasa yang akan datang. Pada akhir arahan, Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta memberikan kesempatan kepada pegawai untuk menyampaikan pertanyaan, ide, usulan ataupun masukan. Dan beberapa pegawai memanfaatkan kesempatan itu dengan menyampaikan pertanyaan dan usulan yang langsung ditanggapi oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta.

Setelah arahan Kepala Kanwil, dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan fun games dengan tema mengenal lingkungan sekitar tempat kerja yang diikuti oleh seluruh pegawai.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search