KPPN Khusus Penerimaan

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Inovasi “PES” Antarkan KPPN Khusus Penerimaan Menjadi Finalis KIKK 2023

 

Salah satu Inovasi KPPN Khusus Penerimaan yaitu Aplikasi PES (Penerimaan Negara Electronic Services) berhasil mewakili Direktorat Jenderal Perbendaharaan menjadi Finalis Kompetisi Inovasi Kementerian Keuangan (KIKK) Tahun 2023 pada kategori Klaster Kantor Vertikal dan SMV. Finalis tersebut didapatkan setelah KPPN Khusus Penerimaan lolos pada tahap awal yaitu penilaian atas proposal inovasi atas Tim dari Biro Organta. Selanjutnya finalis melaksanakan penilaian Presentasi dan Wawancara yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

 

Setelah ditetapkan menjadi finalis KIKK, tahapan selanjutnya adalah pelaksanakan penilaian Presentasi dan Wawancara yang diselenggarakan pada Rabu, 18 Oktober 2023 secara daring melalui zoom meeting. Pemaparan inovasi Aplikasi PES dilakukan oleh Kepala KPPN Khusus Penerimaan, Dayu Rusanto.

Pemaparan inovasi diawali dengan kondisi awal sebelum adanya aplikasi PES dan kondisi setelah aplikasi PES. Sebelum menggunakan Aplikasi PES, proses bisnis dilakukan secara manual dan email serta perlu pencetakan kertas yang pada akhirnya menghasilkan limbah kertas. Kemudian proses bisnis juga memerlukan waktu yang lama 2-5 hari, namun setelah penggunaan Aplikasi PES, dokumen bisa diproses dan selesai pada hari itu juga. Tidak hanya dari sisi waktu, penggunaan Aplikasi PES juga bertujuan memberikan kemudahan dalam penatausahaan dokumen.

Aplikasi PES merupakan aplikasi layanan KPPN Khusus Penerimaan yang digunakan untuk layanan kompensasi atas kelebihan limpah dan layanan pengiriman rekening koran bulanan untuk keperluan penyelisian selisih saldo, serta sarana penyampaian pengumuman. Aplikasi PES hanya ada satu di Indonesia karena dibuat dan digunakan oleh KPPN Khusus Penerimaan.

Dengan mengusung slogan Praktis, Mudah, Cepat dan Aman aplikasi PES ini memudahkan dan menyederhanakan proses penyelesaian pemberian kompensasi atas kelebihan limpah kepada Collecting Agent serta mempercepat penyelesaian selisih saldo antara KPPN Khusus Penerimaan dan Collecting Agent dengan menampilkan saldo rekening koran CA setiap bulan. Aplikasi PES juga didukung dengan keamanan yang telah dievaluasi oleh Sahli OBTI Kemenkeu dan Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, serta telah melalui proses hosting  dengan Pusintek Kemenkeu.

Nilai strategis pada aplikasi PES meliputi :

  1. Kekuatan internal aplikasi PES adalah telah didukung dengan regulasi berupa Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Perbendaharaan dengan Pimpinan Collecting Agent serta sebagai tools mendukung tercapainya Inisiatif Strategis KPPN Khusus Penerimaan.
  2. Peluang eksternal yang dimiliki yaitu membantu peningkatan penerimaan negara secara keseluruhan dan budaya digitalisasi yang semakin berkembang sehingga membantu Aplikasi PES dapat terus digunakan.
  3. Keunikan aplikasi PES dibandingkan dengan aplikasi lain yaitu aplikasi PES memastikan akurasi pelimpahan penerimaan oleh Collecting Agent ke Rekening Kas Umum Negara di Bank Sentral

Kebermanfaatan hadirnya Aplikasi PES tidak hanya dirasakan oleh KPPN Khusus Penerimaan sendiri sebagai innovator, namun juga dirasakan manfaatnya oleh stakeholder khususnya Collecting Agent. KPPN Khusus Penerimaan akan terus melakukan perbaikan terus-menerus sehingga pelayanan semakin optimal dan kepuasan stakeholder semakin maksimal.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search