Jl. Pitu Ina No.7 Karang Panjang Ambon 

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sinergi Pengadilan Tinggi Agama Ambon & Kanwil DJPb Maluku, Tingkatkan Kompetensi Bidang Keuangan Lewat Konsinyering

Pada tanggal 7 s.d. 9 April 2021 diselenggarakan bimbingan teknis kesekretariatan dalam rangka pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara di bidang administrasi umum dan keuangan oleh Pengadilan Tinggi Agama Ambon. Acara ini dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Ambon Bapak H. Helminizami, SH.MH. Bimbingan teknis ini dilakukan secara konsinyering dengan Peradilan Agama, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ambon, dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku bertempat di Hotel Marina Kota Ambon.

Pada kesempatan tersebut Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku mengirimkan narasumber dan peserta dari Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat (PSAPP) bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (PAPK). Narasumber dihadiri oleh Bapak Aqil Ardiansah selaku Kepala Seksi PSAPP yang menyampaikan materi bimbingan teknis Aplikasi SAIBA dan penelaahan Aplikasi E-Rekon serta laporan keuangan atas Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Operasional (LO), dan Laporan Perubahan Ekuitas (LPE).

Pemberian materi ini dilakukan dihari kedua, hari Kamis tanggal 8 April 2021. Dimulai dari penyampaian materi proses penyusunan laporan keuangan mengingat acara ini juga dihadiri oleh seluruh Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggara (UAKPA) satker Pengadilan Tinggi Agama Ambon yang merupakan unit terkecil penyusun laporan keuangan. Laporan keuangan yang disusun oleh UAKPA nantinya akan dikonsolidasi di tingkat wilayah. Laporan yang di tingkat wilayah ini  disusun oleh Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran – Wilayah (UAPPA-W) Pengadilan Tinggi Agama Ambon untuk dikirimkan kepada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku setiap semesternya. Adanya acara tersebut merupakan upaya Pengadilan Tinggi Agama Ambon dalam meningkatkan pemahaman akuntansi dan pelaporan keuangan secara keseluruhan dimulai dari unit terkecilnya.

Bapak Aqil Ardiansah memulai penyampaian materi dari proses penyusunan laporan keuangan. Didalamnya membahas segala sesuatu terkait laporan keuangan mulai dari standar akuntansi, sistem akuntansi, kebijakan akuntansi, komponen laporan keuangan, alur penyusunan dan pengumpulan serta ujung dari laporan keuangan yang disusun oleh satker yang akan dikonsolidasi sampai dengan menjadi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Selanjutnya materi dilanjutkan terkait telaah laporan keuangan. Telaah laporan keuangan merupakan proses pengecekan kembali secara mandiri oleh penyusun laporan keuangan terhadap laporan keuangan yang telah disusun. Sehingga laporan keuangan telah sesuai dengan apa yang dimaksudkan oleh penyusun dan siap diberikan kepada pihak lain. Telaah tersebut meliputi kelengkapan laporan keuangan, kesesuaian dengan persamaan dasar akuntansi, pengambilan saldo awal, telaah per komponen laporan keuangan, dan telaah antar komponen laporan keuangan. Telaah ini bisa dibantu melalui aplikasi e-Rekon dengan mengakses menu Daftar dan Monitoring lainnya.

Berdasarkan materi yang telah disampaikan, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku berharap UAPPA-W dan UAKPA lingkup Pengadilan Tinggi Agama Ambon dapat semakin baik dalam memahami akuntansi dan menyusun laporan keuangannya. Acara bimbingan teknis ini juga merupakan bentuk sinergi antara Pengadilan Tinggi Agama Ambon dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang terampil di bidang keuangan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

IKUTI KAMI KANWIL DJPb MALUKU

 

Search