Jl. Pitu Ina No.7 Karang Panjang Ambon 

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kunjungan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Maluku ke Kabupaten Kepulauan Aru

 

Dobo, 7 April 2021. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku dengan tim melakukan kunjungan ke Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru. Selain dalam rangka silahturahmi dengan Bupati Kabupaten Kepulauan Aru, kegiatan kunjungan dilaksanakan dengan tujuan untuk berkoordinasi terkait Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021 maupun Tahun Anggaran sebelumnya. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Maluku memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan oleh Bapak Johan Gonga selaku Bupati Kabupaten Kepulauan Aru terkait penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Adapun kendala dan hambatan yang dialami pada Tahun Anggaran sebelumnya dapat dijadikan evaluasi dalam upaya mitigasi risiko sehingga tidak terjadi lagi pada Tahun Anggaran 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Aru menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku beserta KPPN Tual terkait penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa selama ini. Bupati juga menyampaikan bahwa dengan topografi wilayah kepulauan Aru yang berbentuk gugusan pulau-pulau akan menjadi tantangan tersendiri dalam pelaksanaan penyaluran dan pertanggungjawaban Dana Desa oleh Kepala Desa dan perangkatnya.

Kegiatan kunjungan ini juga diisi dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintahan Kabupaten Kepulauan Aru dengan Kementerian Keuangan, dengan Bupati Kabupaten Aru dan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku sebagai perwakilan. Selain itu, dilaksanakan juga penyerahan Kajian Fiskal Regional (KFR) yang merupakan kajian mengenai kondisi fiskal dan ekonomi Provinsi Maluku Tahun 2020. Selain itu dilakukan juga Diskusi Strategi Meraih WTP dan penyerahan buku SAP beserta bunga rampai permasalahan Pemda Kabupaten Kepulauan Aru.

Dalam rangka pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku beserta tim menyempatkan diri untuk berkunjung ke desa-desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Aru, termasuk salah satu desa yang ada di ujung utara Kabupaten Kepulauan Aru yaitu Desa Warialua. Desa ini hanya dapat diakses melalui jalur laut selama kurang lebih satu jam dari pelabuhan Kota Dobo, sehingga tidak terdapat kendaraan bermotor lainnya. Sebagian besar penduduk bekerja sebagai nelayan dan peembudidaya rumput laut, sehingga penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melihat realisasi salah satu program PEN di daerah yakni penyaluran BLT Desa di Desa Warialua, Kabupaten Kepulauan Aru.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

IKUTI KAMI KANWIL DJPb MALUKU

 

Search