Jl. Pitu Ina No.7 Karang Panjang Ambon 

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KINERJA POSITIF APBN MALUKU HINGGA SEPTEMBER 2023

 

KINERJA  POSITIF  APBN MALUKU HINGGA  SEPTEMBER  2023

Selama Sembilan bulan terakhir, Kinerja APBN di Provinsi Maluku semakin menguat yaitu ditandai dengan kenaikan Realisasi Pendapatan APBN 30 September 2023 mencapai Rp1,59 Triliun, atau naik sebesar 6,14% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022. Kontribusi pendapatan tersebut berasal dari sumber Perpajakan sebesar Rp1.132,39 Triliun serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 453,46  Miliar.

Sedangkan dilihat pada belanja negara, posisi realisasi belanja di Provinsi Maluku sebesar Rp 14.34 Triliun dengan kondisi peningkatan realisasi Belanja Pemerintah Pusat sebesar 5,28% (yoy). Peningkatan belanja tersebut sebagian besar berasal dari realisasi belanja barang dengan kenaikan sebesar 15,47% (yoy) yang utamanya berasal dari peningkatan Belanja Barang Non Operasional dan Belanja Perjalanan Dinas Dalam Negeri. Indikasi terjadinya peningkatan belanja tersebut merupakan dampak dari pencabutan kebijakan PPKM. Adapun Belanja Pemerintah Pusat meningkat sebesar 5,28% (yoy) yang sebagian besar berasal dari realisasi belanja barang.

Kinerja perekonomian Maluku secara Makro tergolong fluktuatif dimana pada bulan September, tingkat inflasi gabungan 2 kota di Provinsi Maluku berada pada angka 3,10% (yoy) dan 0,27% (mtm). Kota Ambon mengalami inflasi year on year (yoy) sebesar 3,04% dan Kota Tual mengalami inflasi year on year (yoy) sebesar 4,26%. Inflasi yang terjadi tersebut karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh peningkatan yakni tertinggi pada kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran.

Peningkatan kinerja APBN sampai dengan periode ini diharapkan menjadi faktor pendorong sekaligus sebagai katalis pertumbuhan ekonomi di Maluku sesuai dengan amanat dan tujuan Undang-Undang APBN yakni penguatan ekonomi dan pembangunan secara merata sampai pelosok negeri.

Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku akan terus mendukung program percepatan pembangunan wilayah Maluku melalui skema optimalisasi penggunaan dana APBN sesuai dengan target capaian pemerintah. Tentunya Kunci keberhasilan pencapaian target tersebut berupa sinergi erat antara pemerintah pusat, Kementerian/Lembaga, dan pemerintah daerah yang bersama-sama memperkuat strategi utilisasi fungsi fiskal dan moneter dalam percepatan pertumbuhan ekonomi regional Maluku.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

IKUTI KAMI KANWIL DJPb MALUKU

 

Search