Jalan Ir. H. Juanda No. 19, Jakarta Pusat

Pendahuluan

Apa yang Dimaksud SAKTI?

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana bagi satker dalam mendukung implementasi SPAN untuk melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

SAKTI mengintegrasikan seluruh aplikasi satker yang ada. Mempunyai fungsi utama dari mulai Perencanaan, Pelaksanaan hingga Pertanggungjawaban Anggaran. Selain itu, SAKTI menerapkan konsep single database. Aplikasi SAKTI digunakan oleh entitas akuntansi dan entitas pelaporan Kementerian Negara/Lembaga. Seluruh Transaksi entitas akuntansi dan entitas pelaporan dilakukan secara sistem elektronik.

SAKTI terdiri atas SAKTI online dan SAKTI offline, yang menggunakan sistem single entry point, single database, dan akuntansi berbasis akrual. Adapun periodisasi transaksi dalam SAKTI meliputi Januari sampai dengan Desember, unaudited, dan audit

Ruang Lingkup SAKTI

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) mencakup seluruh proses pengelolaan keuangan negara pada SATKER dimulai dari proses Penganggaran, Pelaksanaan, sampai dengan Pelaporan. Masing-masing proses pengelolaan keuangan diperankan oleh modul-modul aplikasi sebagai berikut :

  1. Proses penganggaran diperankan oleh modul Penganggaran.
  2. Proses pelaksanaan diperankan oleh beberapa modul, yaitu modul Komitmen (meliputi sub-modul Manajemen Supplier dan sub-modul Manajemen Komitmen), modul Bendahara, modul Aset Tetap, modul Persediaan, dan modul Pembayaran.
  3. Proses pelaporan diperankan oleh modul GL dan Pelaporan.

Perbedaan Aplikasi SAKTI dengan Aplikasi Satker Sebelumnya

  • Menggunakan satu database terpusat;
  • Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan adanya proses enkripsi/dekripsi Arsip Data Komputer (ADK);
  • Dapat di-install di beberapa operating system (misal Windows, Linux);
  • Lebih mudah digunakan (user friendly);
  • Dapat dijalankan dalam spesifikasi PC/Laptop yang minimum;
  • Kinerja aplikasi yang lebih konsisten;

Bagaimana dengan Keamanan Data pada Aplikasi SAKTI?

Untuk menjamin keamanan data, semua data yang dipertukarkan dalam interkoneksi antara SAKTI dan SPAN harus memenuhi syarat keamanan data sebagai berikut :

  1. Kerahasian data :
    ADK yang keluar dari SAKTI akan dienkripsi untuk menjamin ADK hanya dapat dibaca oleh pihak pengirim dan penerima pesan. Selain itu dilakukan pula pembatasan akses ke Portal SPAN melalui registrasi user sehingga hanya orang yang terdaftar saja yang dapat melakukan pengiriman dan pengambilan data.
  2. Integritas data : »
    ADK SAKTI akan menggunakan pengamanan berupa hash code untuk masing-masing data, sehingga isi dan jumlah data yang disampaikan tidak akan berubah selama proses perpindahan data.
  3. Keaslian data :
    Setiap ADK akan dijamin keasliannya menggunakan PIN. Penggunakan PIN memastikan bahwa ADK telah diketahui dan disetujui oleh pejabat yang berwenang.

Fitur Unggulan SAKTI

  1. Integrasi Database
  2. Single Entry Point
    • Single Entry Point menjelaskan bahwa suatu transaksi cukup sekali diinput dan apabila dibutuhkan oleh modul terkait data tersebut akan di panggil tanpa harus dilakukan penginputan ulang oleh modul yang membutuhkan.
  3. Konsep MAKER, CHECKER, APPROVER
  4. Tracing Jurnal
    • Tracing Jurnal adalah Proses penelusuran dari jurnal ke sumber transaksi dengan double click jurnal terkait sehingga akan masuk dalam traksaksinya. (Contoh Proses Pembelian Aset)
  5. Penerapan ACL
    • Access Control List (ACL) adalah Pengelompokan Paket Menu berdasarkan kategori sehingga Administrator bisa menentukan menu transaksi ataupun izin akses menu transaksi tersebut apakah boleh rekam/ubah/hapus
  6. Penerapan Closing Period
    • Closing Period merupakan proses tutup buku saat periode transaksi dinyatakan berakhir. Pada saat Modul Akuntansi dan Pelaporan melakukan closing period maka modul lainnya secara otomatis melakukan tutup buku pada periode berkenaan
  7. Penerapan 14 Periode
    • Terdiri dari 12 periode normal, periode unaudited dan periode audited

Mengapa Harus SAKTI Web?

  • Open Platform -- Dapat diakses berbagai macam devices dan Multi OS
  • Kemudahan Distribusi -- End User tidak perlu melakukan update / Download Aplikasi
  • Kemudahan Akses -- menggunakan jaringan internet tidak tergantung jaringan intranet (VPN)
  • Spec Devices Rendah -- Kecepatan proses tidak tergantung pada spec hardware End User
  • Antarmuka yang fleksibel -- besar kecilnya tampilan sesuai dengan layar devices yang digunakan
  • Faktor Fungsionalitas -- User interface dan fungsionalitas sama dengan versi desktop (Sudah Familiar)

Kebijakan Umum Akuntansi SAKTI

Jurnal (double entry) terdiri dari 2 ledger :

1. Accrual Ledger

  • Digunakan untuk membukukan transaksi-transaksi berbasis akrual
  • Jurnal dilakukan pada setiap titik pengakuan akrual
  • Untuk mendukung pelaporan berbasis akrual (Neraca, LO, LPE)
  • Menggunakan pendekatan due to / due from (ditagihkan kepada / diterima dari entitas lain termasuk transfer dan hibah dalam aset

2. Cash Ledger

  • Digunakan untuk membukukan transaksi berbasis kas bukan membukukan transaksi kas
  • Jurnal dilakukan pada saat terjadi kas masuk/keluar dari BUN
  • Untuk mendukung pelaporan berbasis kas (LRA)
  • Menggunakan pendekatan due to / due from (ditagihkan kepada / diterima dari entitas lain terutama terkait pembayaran/penerimaan BUN

Jurnal Lainnya (single entry) :

  • Jurnal anggaran (allotment)
  • Jurnal Komitmen (encumbrance)
  • Jurnal Sub Ledger Bendahara

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search