Naskah Akademis Pengembangan Proses Bisnis SPAN, Kartu Kredit Pemerintah, Rancangan Proses Bisnis SAKTI, Tanda Tangan Elektronik, MPN G2, Interkoneksi SPAN-Perbankan, dan Marketplace Pemerintah

Hadirnya Undang-undang Perbendaharaan Negara Nomor 1 Tahun 2004 menjadi tonggak sejarah penting perubahan pengelolaan keuangan negara. Proses bisnis yang pada awalnya berjalan manual, diubah menjadi serba digital. Bahkan kini, dikenal berbagai inovasi digital treasury yang terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara (APBN) sehingga semakin efektif, efisien, terukur, cepat dan akuntabel.

Proses perubahan tersebut tentu sangat penting dan dapat menambah khazanah keilmuan di Indonesia, khususnya bidang Perbendaharaan Negara. Oleh karena itu, untuk menambah literatur keilmuan bidang perbendaharaan negara tersebut, maka Ditjen Perbendaharaan mengambil inisiasi untuk menghimpun seluruh naskah akademis yang digunakan sebagai dasar pengembangan proses bisnis Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dan marketplace pemerintah.

Ada sejumlah pertimbangan signifikansi, relevansi, dan urgensi untuk menerbitkan naskah-naskah tersebut:

  1. SPAN merupakan salah satu tonggak sejarah penting dalam reformasi keuangan negara setelah pengesahan paket undang-undang di bidang keuangan negara. Perlu dilakukan upaya rekonstruksi sejarah pengembangan proses bisnis SPAN yang terjadi dalam periode yang singkat pada tahun 2009-2010. Periode ini cukup kritis mengingat sudah lewat 10 tahun yang jika tidak segera dikumpulkan, maka naskah-naskah tersebut dikhawatirkan akan hilang atau rusak. Salah satu penulis utamanya juga telah meninggal dunia yang jika tidak segera dicari hasil karyanya, maka dikhawatirkan akan hilang untuk selamanya.
  2. Referensi akademis, empiris, dan pragmatis tentang pengembangan sistem berskala besar dalam konteks Indonesia relatif sedikit. Naskah akademis SPAN tentu dapat menjadi rujukan bagi inisiatif penyempurnaan proses bisnis dan pengembangan sistem berskala besar, tidak saja di Indonesia, tetapi juga bagi negara-negara lain. Studi banding yang dilakukan oleh sejumlah negara ke Ditjen Perbendaharaan menunjukkan pentingnya publikasi naskah-naskah tersebut.
  3. Desain proses bisnis SPAN merupakan langkah maju di zamannya. Selain revolusioner, desain proses bisnis tersebut meletakkan fondasi bagi modernisasi manajemen keuangan negara. Sebagai contoh, interkoneksi SPAN dan perbankan yang menggantikan mekanisme manual penyampaian dokumen Surat Perintah Transfer ke Bank Indonesia dan Surat Perintah Pencairan Dana ke Bank Operasional dengan teknologi digital telah berhasil meningkatkan efisiensi, efektivitas, akurasi, dan akselerasi sistem pembayaran pemerintah.
  4. Saat ini Ditjen Perbendaharaan sedang mengembangkan sistem pembayaran pemerintah pada platform marketplace. Namun demikian, literatur manajemen keuangan belum menjelaskan teori marketplace dalam konteks Indonesia dan kaitannya dengan sistem pembayaran pemerintah. Naskah akademis yang diterbitkan akan mengisi kekosongan teori tersebut sekaligus menjelaskan pengembangan dan operasionalisasinya.

Oleh karena itu, Ditjen Perbendaharaan melalui Direktorat Sistem Perbendaharaan, melakukan upaya pengumpulan naskah akademis SPAN dan marketplace pemerintah, hingga terhimpun 32 naskah dengan total 4.200 halaman, serta telah mendapat izin dari para penulis Untuk menjaga orisinalitas gagasan, tulisan yang diterbitkan adalah sesuai aslinya tanpa mengubah isi.

Seluruh naskah akademis dimaksud telah diterbitkan menjadi buku dengan ISBN dan terdaftar dalam Katalog Dalam Terbitan (KDT) Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Buku-buku tersebut juga tersedia dalam bentuk elektronik (terlampir) dan dapat diakses secara gratis oleh publik.

Selanjutnya, publik diharapkan dapat menjadikan referensi keilmuan tersebut untuk berbagai penelitian dan pengembangan keilmuan (non-komersil). Kumpulan naskah akademis ini menjadi kontribusi Ditjen Perbendaharaan untuk ilmu pengetahuan, literasi, dan pembangunan peradaban menuju Indonesia Maju.

Klik tautan dibawah* untuk membaca/mengunduh:

 

Manajemen Pelaksanaan Anggaran

Manajemen Komitmen pada SPAN

Manajemen Supplier pada SPAN

Manajemen Pembayaran pada SPAN

Manajemen Penerimaan Negara pada SPAN

Penggunaan Kode Lokasi BPS pada SPAN

Blueprint Proses Bisnis MPN G2

Kartu Kredit Pemerintah - Transformasi Sistem Pembayaran Pemerintah

Manajemen Kas pada SPAN

Restrukturisasi Rekening Bendahara Pemerintah

Manajemen Keuangan Satuan Kerja Luar Negeri

Pencairan Dana Pemerintah pada SPAN

Tanda Tangan Elektronik untuk Transaksi Keuangan Negara

Manajemen Pelaporan pada SPAN

Reformulasi Proses Rekonsiliasi Laporan Keuangan Pemerintah Pusat

Integrasi Pelaporan Keuangan dengan Pelaporan Kinerja pada Pemerintah Pusat

Pelaporan Keuangan Bendahara Umum Negara

Harmonisasi Pelaporan Berbasis Government Finance Statistics

Buku Besar dan Bagan Akun Standar pada SPAN

Sistem Akuntansi Pemerintah pada SPAN

Kerangka Bagan Akun Standar pada SPAN

Manajemen DIPA - Integrasi dan Interkoneksi Proses Bisnis dengan Satker

Manajemen Komitmen - Integrasi dan Interkoneksi Proses Bisnis dengan Satker

Manajemen Pembayaran - Integrasi dan Interkoneksi Proses Bisnis dengan Satker

Integrasi Pelaporan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran dan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara

Manajemen Uang Persediaan - Integrasi Aktivitas Pembukuan dan Pelaporan di Satuan Kerja

Manajemen Kas - Integrasi dan Interkoneksi Proses Bisnis dengan Satker

Akuntansi dan Pelaporan - Integrasi dan Interkoneksi Proses Bisnis dengan Satker

Interkoneksi Proses Bisnis Perbendaharaan pada Bendahara Umum Negara dengan Satuan Kerja selaku Kuasa Pengguna Anggaran

Manajemen Keuangan Anggaran Transfer ke Daerah pada SPAN

Kebijakan Sistem Pengeluaran Kas Negara pada SPAN

Marketplace Pemerintah - Kerangka Teori dan Operasional Pengembangan Marketplace Pemerintah di Indonesia

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

Search