Gedung Prijadi Praptosuhardjo III B Lantai 2
JI. Wahidin II No. 3, Jakarta Pusat 10710

Pojok Zona Integritas

Kolak Satu Plus - Edisi 8

 

JAKARTA - Mungkin ada di antara kita yang sering bertanya-tanya tentang "Layanan BPJS itu apa aja sih?" atau "Administasi yang harus disiapkan untuk program JKN apa ya?". Pertanyaan tersebut menandakan bahwa masih kurangnya informasi yang diterima oleh para pengguna BPJS Kesehatan akan program-program yang dapat dimanfaatkan. Hal-hal tersebut dibahas dalam kegiatan "Kolak Satu Plus - Edisi 8" yang diselenggarakan oleh KPPN Jakarta I bersama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat.

Kolak Satu Plus - Edisi 8 dilaksanakan secara daring pada Rabu (11/09). Tema yang diambil pada kesempatan ini adalah "Sosialisasi Informasi Manfaat Kepesertaan BPJS Kesehatan". Kegiatan diikuti oleh pegawai KPPN Jakarta I serta peserta dari stakeholder mitra KPPN Jakarta I. Kepala KPPN Jakarta I membuka pelaksanaan kegiatan Kolak Satu Plus - Edisi 8 dan menyampaikan bahwa Kolak Satu Plus - Edisi 8 merupakan inovasi dari KPPN Jakarta I berupa kegiatan kolaboratif yang melibatkan KPP Pratama Jakarta Gambir I, KPKNL Jakarta II, dan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat. Pada edisi kali ini, KPPN Jakarta I berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat untuk membahas manfaat kepesertaan BPJS Kesehatan.

 

 

Kegiatan disambung dengan paparan materi dari para narasumber. Materi yang disampaikan terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS) dan Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB). Dalam paparan terkait Program JKN, narasumber menjelaskan mengenai perjalanan panjang program JKN dalam rangka memenuhi amanat Undang-Undang yakni mewujudkan kesejahteraan umum. Selanjutnya dijelaskan pula mengenai hak dan kewajiban para peserta JKN beserta layanan dan fasilitas yang diperoleh. Narasumber juga mengenalkan layanan BOZO atau BPJS Online by ZOOM Meeting, yakni inovasi baru dari BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat untuk memberikan pelayanan kepada para peserta program JKN secara daring. Para peserta dapat memanfaatkan BOZO untuk melakukan cek status kepesertaan, cek tagihan iuran, update data identitas, layanan mobile JKN, dan pelayanan informasi dan pengaduan. Kegiatan BOZO pada Oktober s.d. Desember 2024 akan dilaksanakan secara rutin pada Kamis dan Jumat pukul 13.00 - 15.00 WIB.

Pada paparan selanjutnya, terkait program REHAB, narasumber menyampaikan latar belakang dijalankannya program tersebut, yakni

  1. Rendahnya Ability To Pay (ATP) Peserta PBPU khususnya pada masa pandemic Covid-19;

  2. Rendahnya tingkat keaktifan Peserta PBPU yang disebabkan karena tingginya peserta yang menunggak membayar iuran; dan

  3. Tingginya peserta PBPU yang menunggak diatas 3 bulan (4 sampai dengan 24 bulan).

Selanjutnya, narasumber memaparkan tata cara pendaftaran bagi peserta yang akan mengikuti program REHAB sampai dengan informasi pelunasan cicilan. Lalu, kegiatan disambung dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para peserta Kolak Satu Plus - Edisi 8 dapat memperoleh pemahaman dalam memanfaatkan status kepesertaannya sebagai peserta Program JKN serta memperkuat kolaborasi dan sinergi antara KPPN Jakarta I dan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Pusat.

***

KPPN Jakarta I, IHSAN !!!
Inovatif, Harmonis, Sigap, Akuntabel, Nyaman

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search