Madiun

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bimbingan Teknis Penyusunan LK Satker Semester I Tahun 2023

Sesuai dengan Visi DJPb, yaitu “Menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia dalam rangka mendukung visi Kementerian Keuangan yaitu Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk Mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif, dan Berkeadilan”.

Sehingga dalam mewujudkan visi tersebut, salah satu Misi DJPb adalah “Mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah yang akuntabel, transparan, andal, dan tepat waktu”. Sebagai wujud nyata implementasi misi di atas, KPPN Madiun mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan LK Satker Semester I Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara luring pada Kamis (8/6), bertempat di Aula Piet Harjono KPPN Madiun dan dihadiri kurang lebih 125 operator pelaporan satker wilayah kerja KPPN Madiun.

Acara dibuka oleh Joko Maryono, Kepala KPPN Madiun. Dalam sambutannya disampaikan pula Sosialisasi Anti Korupsi dengan materi “Pengendalian Gratifikasi dan Penanganan Pengaduan”. Narasumber pada kegiatan Bimtek adalah Windi Meiliana, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, dengan materi pengaturan rekonsiliasi atas transaksi tahun 2023. Kemudian narasumber berikutnya adalah Agustina Rahayuningtyas, Pejabat Fungsional PTPN. Materi yang disampaikan antara lain terkait dokumen sumber, tata cara merekam PNBP agar tidak double entry, dan lain sebagainya. Disampaikan beberapa hal yang harus segera dikerjakan (to do list) oleh satker, diantaranya:

  1. pendetailan persediaan dan aset,
  2. ketidaksesuaian akun vs kode barang persediaan,
  3. teknis perekaman PNBP agar tidak double entry,
  4. dan teknis penyusunan LK lainnya.

Melalui kegiatan bimbingan teknis tersebut diharapkan satuan kerja memperoleh informasi serta pemahaman satker yang lebih baik, sehingga satker dapat menyusun LK yang berkualitas dan akuntabel.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search