Madiun

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Sosialisasi S-21/PB/PB.6/2023

Madiun - KPPN Madiun sebagai salah satu kantor yang profesional, modern dan akuntabel dengan salah satu misinya yaitu mewujudkan pelaporan pertanggungjawaban APBN yang akurat dan tepat waktu. Dalam rangka aksi nyata misi tersebut, KPPN Madiun telah melaksanakan kegiatan sosialisasi S-21/PB/PB.6/2023 tentang Penyusunan dan Penyampaian LK-KL Semester I Tahun 2023 serta Pelaksanaan Rekonsiliasi. Acara tersebut dilaksanakan secara daring pada hari Kamis, 13 Juli 2023 pukul 09.30 WIB. Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala KPPN Madiun, Joko Maryono, yang dihadiri oleh kurang lebih 97 peserta. Dalam sambutannya, Joko mengingatkan agar satker senantiasa aktif berkoordinasi dengan KPPN Madiun jika ditemui kendala dalam penyusunan LK satker Semester I Tahun 2023.

Sosialisasi ini dibuka oleh Kepala KPPN Madiun, Joko Maryono, yang dihadiri oleh kurang lebih 97 peserta. Dalam sambutannya, Joko mengingatkan agar satker senantiasa aktif berkoordinasi dengan KPPN Madiun jika ditemui kendala dalam penyusunan LK satker Semester I Tahun 2023.

Kementerian/Lembaga selaku Pengguna Anggaran (PA) dan Pengguna Barang (PB) menyelenggarakan akuntansi atas transaksi keuangan dan barang yang berada dalam tanggung jawabnya. Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) berwenang menetapkan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan negara serta mengatur pengelolaan anggaran dan barang milik negara. Menteri Keuangan juga menghimpun laporan keuangan dan laporan barang dari seluruh Kementerian/Lembaga untuk menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam pengelolaan anggaran dan barang milik negara. Tugas dan fungsi menteri keuangan sebagai BUN terdapat pada DJPb. Kewenangan BUN tersebut dikuasakan kepada instansi vertikal DJPb  di daerah yaitu KPPN.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, satker wajib menyampaikan LK Semester I Tahun 2023 berupa LRA, LO, LPE, Neraca dan CaLK paling lambat 31 Juli 2023. LK tersebut harus dilengkapi dengan surat pengantar dan surat pernyataan tanggung jawab yang telah di tandatangani KPA, serta pengungkapan capaian kinerja dan dilampiri dengan LKjKL Semester I 2023. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan seluruh satker mitra KPPN Madiun dapat menyusun LK Semester I Tahun 2023 dengan andal, akuntabel dan tepat waktu. Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan seluruh satker mitra KPPN Madiun dapat menyusun LK Semester I Tahun 2023 dengan andal, akuntabel dan tepat waktu.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search