Gerak laju perekonomian di bulan pertama tahun 2022 masih bergerak lamban. Secara makro ekonomi Bank Dunia Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Dunia Tahun 2022 Sebesar 4,1%, bangkit dari pandemi Covid-19.
Realisasi belanja negara sendiri belum menunjukkan tren yang signifikan. Kontrak-kontrak pembangunan maupun pengadaan barang dan jasa di tingkat satker baru dibuat. Hanya belanja pegawai yang menyumbang realisasi yaitu 5,5%. Sementara itu belum ada transfer ke daerah dan dana desa.
Hingga periode 31 Januari 2022 Kinerja APBN yang dikelola KPPN Makassar II, realisasi belanja negara mencapai 2,31% atau Rp168.436.028.313,- dari pagu Rp7.277.760.621.000,-.
Simak data realisasi belanja yang telah disalurkan KPPN Makassar II melalui infografis dan tabel I-Account yang kami sajikan berikut ini:
Lokasi Foto: Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar
- Berita
- Dilihat: 624
KPPN Makassar II Mengikuti Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-18 Tahun 2022
Tema Hari Bakti Perbendaharaan ke-18 tahun 2022 adalah
“Dengan Semangat DJPb HAnDAL, Perkuat Kemenkeu Satu untuk Pulihkan Ekonomi”.
Tema dimaksud selaras dengan semangat implementasi nilai Harmonis, Amanah, Digital, Akuntabel, dan Loyal dalam mewujudkan New DJPb in Town, sebagai andil DJPb dalam memperkuat Kemenkeu Satu untuk pemulihan ekonomi.
Hari Bakti Perbendaharaan merupakan simbol kelahiran Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang didasarkan pada momentum ditetapkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, yang mana pada tahun tersebut dimulai era reformasi keuangan negara melalui lahirnya paket Undang-Undang Keuangan Negara menggantikan ICW. Peringatan Hari Bakti Perbendaharaan bertujuan untuk penguatan sinergi internal dan kolaborasi eksternal Ditjen Perbendaharaan serta memperkuat komunikasi publik atas peran pemerintah dalam mengelola APBN untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Sejak terbentuk di tahun 2004, Ditjen Perbendaharaan terus bertransformasi dari sisi organisasi, SDM, dan proses bisnis. Pengelolaan perbendaharaan negara diarahkan lebih efektif dan modern serta adaptif dan responsif terhadap segala tantangan.
Vaksinasi Booster bagi segenap pegawai, PPNPN , dan cleaning service merupakan bagian dari upaya memberi pelayanan terbaik bagi satker mitra KPPN Makassar II.

![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |


Kepala Ombudsman RI Perwakilan Prov, Sulsel, Subhan Djoer, menyampaikan Prinsip-Prinsip Pelayanan Publik yang Berkualitas, antara lain bahwa kapasitas yang diperlukan penyedia layanan publik harus memenuhi komponen-komponen yaitu SDM yang profesional, sarana prasarana, SOP dan mekanisme layanan, aksesibilitas, dukungan IT, adaptasi perkembangan, dan inovatif. Selain itu, pelayanan publik harus berorientasi pada aksesibilitas (mudah, murah, merata dan terjangkau), pemenuhan hak warga negara, serta efektif, efisien, kepastian waktu dan biaya, dan kepastian hukum.
Selanjutnya Penyuluh Anti Korupsi pada Komunitas Obat Manjur (“Orang Hebat Main Jujur”), Manggazali menyampaikan materi terkait Inisiatif dan Komunikasi Nilai Anti Korupsi di Organisasi dengan tagline "Berjumpa Di Kertas” (Berani,Jujur,Mandiri,Peduli,Adil,Disiplin,Kerja Keras,Tanggung Jawab Dan Sederhana).