SYARAT & PROSEDUR SPM LS Kontraktual
Ketentuan
- Khusus untuk pembayaran yang barangnya belum diterima (misal : sewa gedung) harus melampirkan copy Surat Pernyataan Kesanggupan Penyedia Barang/Jasa (SPKPBJ) sesuai Lamp II PMK No. 145/PMK.05/2017
- Untuk Jenis SPM-PNBP, SPM Pinjaman/Hibah Luar Negeri (P/HLN) diatur sesuai dengan SE yang masih berlaku.
- Atas kontrak yang telah didaftarkan ke KPPN, jika terjadi kesalahan data maka untuk membenarkannya harus melalui perekaman addendum data dan disampaikan ke KPPN BUKAN langsung dilakukan UBAH
- Sesuai Pasal 36 PMK 190/PMK.05/2012, data perjanjian/kontrak disampaikan kepada KPPN paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah ditandatanganinya perjanjian/kontrak untuk dicatatkan ke dalam Kartu Pengawasan Kontrak KPPN.
Pengajuan SPM LS Kontrak ke KPPN
- SPM-LS dalam rangkap 2 (dua)
- ADK SPM yang telah diinjeksi PIN oleh PPSPM
- Karwas Kontrak (dicetak dari Aplikasi SAS modul PPK)
- Karwas Realisasi Kontrak (dicetak dari Aplikasi SAS modul PPK)
- Faktur Pajak, Surat Setoran Pajak (SSP) dan/atau bukti setor lainnya
- Maksimum Pencairan (MP) dari aplikasi SAS untuk SPM yang dibayarkan dengan sumber dana PNBP
SYARAT & PROSEDUR SPM LS Dana PNBP
SPM untuk Belanja yang bersumber PNBP, dilengkapi dengan
- Surat Setoran Bukan Pajak (SSBP) yang sudah dilegalisasi oleh KPPN (untuk PNBP Terpusat)
- Khusus satker yang penerimaannya terpusat tidak melampirkan SSBP
- Perhitungan Maksimum Pencairan (MP) dari aplikasi SAS untuk SPM yang dibayarkan dengan sumber dana PNBP
Kode SPM
SPM LANGSUNG NON BELANJA PEGAWAI (SPM-LS AKUN 52/53/57/58) |
||||||
No |
SPM |
Jenis SPM |
Jenis Bayar |
Sifat Bayar |
Uraian |
Keterangan |
1 |
SPM-LS ke Pihak Ketiga (Kontrak Sekaligus Lunas) |
07 |
1 |
4 |
“Pembayaran Belanja …. (Barang/Modal/Bansos/Lain-lain) Sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAP Nomor …. Tanggal …. , BAST Nomor …. Tanggal …. dan sesuai SPP No…. Tanggal ……” |
Persiapkan Berita Acara Pembayaran (BAP) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) |
2 |
SPM-LS ke Pihak Ketiga (Uang Muka Kontrak) |
07 |
1 |
4 |
“Pembayaran Belanja …. (Barang/Modal/Bansos/Lain-lain) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., SPMK Nomor …. Tanggal …., BAP Nomor …. Tanggal …., Jaminan Uang Muka Nomor …. Tanggal …. dan sesuai SPP No…. Tanggal ……” |
Persiapkan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), Berita Acara Pembayaran (BAP) dan Jaminan Uang Muka |
3 |
SPM-LS ke Pihak Ketiga (Termin Berjalan) |
07 |
1 |
4 |
“Pembayaran Belanja …. (Barang/Modal/Bansos/Lain-lain) Termin ke … (I/II/III/dst.) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAKP Nomor …. Tanggal …. , BAP Nomor …. Tanggal …. dan sesuai SPP No…. Tanggal ……” |
Persiapkan Berita Acara Kemajuan Pekerjaan (BAKP) dan Berita Acara Pembayaran (BAP) |
4 |
SPM-LS ke Pihak Ketiga (Termin Terakhir) |
07 |
1 |
4 |
“Pembayaran Belanja …. (Barang/Modal/Bansos/Lain-lain) Termin ke … (I/II/III/dst.) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAP Nomor …. Tanggal …., BAST Nomor …. Tanggal …. dan sesuai SPP No…. Tanggal ……” |
Persiapkan dan Berita Acara Pembayaran (BAP) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) |
5 |
SPM-LS ke Pihak Ketiga (Retensi) |
07 |
1 |
4 |
“Pembayaran Belanja …. (Barang/Modal/Bansos/Lain-lain) sesuai …. (Kontrak/SPK) Nomor …. Tanggal …., BAP Nomor …. Tanggal …., BAST Nomor …. Tanggal …., Jaminan Pemeliharaan Nomor …. Tanggal …., dan sesuai SPP No…. Tanggal ……” |
Persiapkan dan Berita Acara Pembayaran (BAP), Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Jaminan Pemeliharaan |
Pengaduan Layanan
Pengaduan atas Layanan KPPN Madiun
Kotak Pengaduan di Ruang Layanan KPPN Madiun
Nomor WhatsApp Pengaduan : +62 812-5959-0210
Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.