Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

DJPb Tingkatkan Kolaborasi Kehumasan melalui Creativity Boot Camp

Sebagai institusi yang bertugas mengelola APBN, Kementerian Keuangan berkewajiban menyampaikan informasi terkait kebijakan pengelolaan keuangan negara kepada masyarakat luas melalui komunikasi yang efektif dan tepat sasaran. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Didyk Choiroel saat memberikan pengarahan pada acara Creativity Boot Camp DJPb Tahun 2022 di Jakarta, Rabu (18/05).

“DJPb sebagai bagian dari Ekosistem Kehumasan Kemenkeu Satu (EKSIS) turut berperan dalam menghadapi tantangan dan hambatan sebagai upaya penyampaian komunikasi yang efektif dan efisien. Oleh karenanya peran dan kontribusi kantor vertikal pun menjadi sangat diperlukan. Sebagai pengelola kehumasan di daerah yang memiliki andil dan dukungan yang besar bagi organisasi, baik Kemenkeu maupun internal DJPb sendiri,” ungkapnya.
 
Dengan mempertimbangkan sebaran kantor vertikal DJPb di seluruh Indonesia, maka diperlukan upaya untuk mendorong kreativitas dalam penyampaian komunikasi dan informasi sesuai isu masing-masing daerah melalui penyediaan konten dan ilustrasi memadai kepada publik sehingga tepat sasaran dan tidak menimbulkan disinformasi pada masyarakat. Kegiatan “Creativity Boot Camp DJPb” Tahun 2022 menjadi salah satu upaya dan kesempatan yang dapat dioptimalkan untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia terkait pengelolaan kehumasan dan olah media lingkup unit vertikal DJPb.
 
“DJPb akan terus berupaya untuk mewadahi kreativitas Insan Perbendaharaan melalui berbagai kolaborasi seperti konten media sosial serta acara-acara di level nasional maupun regional. Wadah kreatifitas ini di antaranya berupa website ARTreasury dan Majalah Treasury Indonesia (MTI),” ujarnya.
 
Bootcamp ini diisi materi olah media profesional untuk keperluan penguatan konten kehumasan dan publikasi DJPb. Materi-materi dimaksud telah disampaikan oleh para narasumber profesional di antaranya Dita Alangkara (Chief Photographer Associated Press Jakarta Bureau), Dias Hendrassukma (Sekjen Asosiasi Desainer Grafis Indonesia ADGI, Founder Manual Indonesia), dan Ferry Irwandi (Content Creator) serta Anang Rohmawan (Biro KLI, Setjen Kemenkeu).
 
Selain itu, pada acara ini juga diberikan apresiasi kepada para pengelola kehumasan terbaik lingkup kantor vertikal DJPb, yaitu tiga terbaik dari KPPN dan tiga terbaik dari Kanwil DJPb. Peraih penghargaan bagi unit pengelola kehumasan terbaik kategori Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharan yaitu:
 
-       Juara 1 Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat
-       Juara 2 Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan
-       Juara 3 Kanwil DJPb Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
 
Sedangkan peraih penghargaan bagi unit pengelola kehumasan terbaik kategori Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yaitu:
 
-       Juara 1 KPPN Amlapura
-       Juara 2 KPPN Gunungsitoli
-       Juara 3 KPPN Watampone
 
Dalam kegiatan ini juga diberikan apresiasi kepada peserta yang sudah mengirimkan karya-karyanya. Hasil karya berupa foto, video dan desain grafis dari 5 peserta terpilih sebelum acara bootcamp dimulai kemudian direviu oleh narasumber dan diambil 1 juara hasil pilihan masing-masing narasumber. Juara 1 untuk kategori karya fotografi yaitu Firdan Fahmi dari Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Tenggara, Juara 1 untuk kategori karya videografi yaitu Mahardika dari Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat dan Juara 1 untuk kategori karya desain grafis yaitu Nafis dari Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat.
 
Dalam acara ini Sekretaris DJPb didampingi oleh Kepala Bagian Umum Yuni Wibawa. Acara ini diselenggarakan secara offline dan diikuti oleh perwakilan satu orang pejabat/pegawai yang memiliki kemampuan olah media lingkup kantor wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan. (BU/AAW)

 

     

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search