Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Penyerapan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Baru Mencapai 51.6%

Liputan Pembukaan Rapimnas Ditjen Perbendaharaan tahun 2012
Jakarta, perbendahraan.go.id &ndash
Sampai dengan akhir triwulan III, penyerapan Anggran kementerian negara/lembaga baru mencapai 51.6%. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perbendaharaan Agus Suprijanto saat membuka secara resmi Rapat Pimpinan Nasional Ditjen Perbendaharaan ke-2 Tahun 2012, Minggu (11/11), di Gedung Kementerian Keuangan.

Meskipun angka penyerapan tersebut lebih baik dibanding tahun 2011, namun, menurut Agus Suprijanto capaian itu belum memenuhi target yang ditetapkan, yaitu 60%. &ldquoAda improvement, Alhamdulillah, tapi belum optimal,&rdquo ujarnya.

RAPIMNASNilai penyerapan belanja modal masih rendah dibanding belanja pegawai dan belanja social. Agus Suprijanto  berpendapat bahwa permasalahan proses lelang pengadaan barang da jasa masih menjadi gejala umum di setiap kementerian Negara/lembaga. Ia melanjutkan bahwa penyederhanaan proses lelang melalui perubahan Perpres 54 Tahun 2010 yang kemudian direvisi menjadi Perpres 70 Tahun 2012 baru selesai di kuartal ke III, sehingga tidak memberi dampak yang cukup signifikan.  Meski demikian, ia berharap terdapat perubahan penyerapan anggaraan di awal tahun 2013.

RAPIMNASKondisi penyerapan anggaran tersebut akan berdampak pada lonjakan penyerapan anggaran di akhir tahun. Hal itu menjadi fenomena tahunan yang terus berulang.  Agus Suprijanto menghimbau kepada jajarannya agar secara intensif mengingatkan satuan kerja untuk segera melakukan penyerapan anggaran sesuai perencanaan yang telah dilakukan. &ldquoKondisi ini akan menuntuk kita untuk kerja lebih keras lagi,&rdquo imbuhnya.

Rapimnas kali ini selain membahas persiapan langka-langkah akhir tahun, juga membahas isu strategis Ditjen Perbendaharaan. Reorganisasi Ditjen Perbendaharaan berdampak luas terhadap struktur organisasi, baik di pusat maupun di kantor daerah. Untuk itu, Rapimnas kali ini mengusung tema &ldquoSatukan Komitmen dan Langkah Pelayanan Perbendaharaan yang Profesional, Prudent, dan Akuntabel, untuk Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2012 dan Menyongsong Revitalisasi Peran dan Fungsi Ditjen Perbendaharaan yang Semakin Modern&rdquo.

Oleh: Tim Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)