Tak henti-hentinya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Wates dalam meningkatkan mutu layanan kepada stakeholder. Sekarang KPPN Wates berusaha untuk terus meningkatkan mutu pelayanan melalui penerapan ISO 9001:2008.
Sertifikasi ISO 9001:2008 adalah proses pengelolaan organisasi (perencanaan, penerapan, evaluasi dan penyempurnaan) yang ditujukan untuk menghasilkan output yang sesuai dengan harapan pelanggan/pengguna/stakeholder. Dampak penerapan ISO 9001:2008 pada sektor publik menunjukkan bahwa penerapan system manajemen kualitas ISO 9001 dapat meningkatkan kinerja institusi public, namun ini memerlukan prasyarat, diantaranya organisasi telah memiliki budaya berbasis kinerja yang baik.
Sesuai dengan surat Sekretaris Ditjen perbendaharaan Nomor : S-4200/PB.1/2014 tanggal 3 Juli 2014 tentang Persiapan dan kick off pelaksanaan Tahapan Konsultasi Dalam Rangka Penerapan ISO 9001:2008 Sistem manajemen Mutu, KPPN Wates adalah salah satu KPPN yang ditunjuk sebagai piloting proyek berstandar Internasional yaitu ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu. Dari seluruh KPPN di Indonesia ada 4 (empat) KPPN yang ditetapkan sebagai piloting penerapan ISO 9001:2008 yaitu KPPN Malang, KPPN Semarang II, KPPN Makassar II, dan KPPN Wates.
KPPN Wates telah melakukan berbagai tahapan kegiatan dalam penerapan ISO 9001:2008. Dari muali pemaparan QMS ISO 9001-2008 tanggal 11 Agustus 2014 oleh Tim dari PT. Surveyor Indonesia, hingga pengumpulan dan kelengkapan dokumen ISO secara bersama-sama seluruh pegawai KPPN Wates terlibat dalam penyusunan dokumen tersebut dan ini terlihat semangat seluruh pegawai untuk menyelesaikan dokumen ISO sampai lembur dikantor.
Sukses dan tidaknya penerapan ISO 9001:2008 pada KPPN Wates sangat dipengaruhi oleh komitmen seluruh pegawai KPPN Wates dan dukungan penuh pimpinan Ditjen Perbendaharaan baik dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I. Yogyakarta maupun Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, dalam rangka menjaga kualitas layanan dan sistem pengendalian internal yang telah dilakukan.
Seluruh pegawai KPPN Wates sangat bersemangat dalam menerapkan ISO 9001:2008 untuk dapat memberikan jaminan mutu layanan dengan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 mengingat seluruh pejabat dan pegawai KPPN Wates telah melakukan pelayanan publik terbaik sesuai Standard Operating Prosedures (SOP) dan peraturan lainnya yang ditetapkan.
Imam tri wibowo
- Regional
- Dilihat: 2331