Jakarta, djpb.kemenkeu.go.id,- Kebutuhan informasi tentang pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang meningkat dari masyarakat dan stakeholder menuntut ketersediaan Contact Center yang dapat langsung memberikan tanggapan dan jawaban. Di sisi lain, informasi kebijakan dan prosedur tentang pembiayaan UMi perlu terus disosialisasikan kepada masyarakat. Oleh karenanya, Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (PIP) meresmikan layanan Contact Center SalamPIP.
“Kunci sukses pelayanan adalah kualitas dan kecepatan. Salam PIP saya harapkan mampu menjadi media percepatan layanan sekaligus media pemetaan permasalahan untuk memberikan peningkatan kualitas layanan,” ungkap Dirjen Perbendaharaan, Hadiyanto, dalam acara Grand Launching SalamPIP pada Kamis (17/6).
Jika sebelumnya pertanyaan, usulan, dan pengaduan mengenai teknis pembiayaan UMi disampaikan melalui Contact Center HaiDJPb dan akan diteruskan kepada BLU PIP melalui Direktorat SMI, maka dengan adanya SalamPIP diharapkan respon terhadap kebutuhan informasi dari masyarakat dan pemangku kepentingan bisa dipenuhi dengan lebih cepat karena langsung dilakukan oleh BLU PIP. “Dengan demikian layanan publik yang diberikan oleh BLU PIP kepada masyarakat sebagai implementasi dari mandat dan peran strategis BLU PIP dapat dilaksanakan dengan lebih maksimal,” tambah Hadiyanto.
Dalam pengembangannya, BLU PIP bersinergi dan berkoordinasi dengan Direktorat SITP selaku pengelola HaiDJPb. “Dalam membangun SalamPIP, kami melakukan bencmarking dengan Contact Center yang dimiliki DJPb yaitu HaiDJPb. Kami mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Perbendaharaan dan Direktur SITP yang telah memberikan fasilitas dan dukungan agar kesuksesan HaiDJPb dapat kami replikasi untuk SalamPIP,” jelas Direktur Utama PIP, Ririn Kadariyah pada kesempatan yang sama.
Oleh karenanya, Hadiyanto menyampaikan apresiasi atas inovasi tersebut sebagai bentuk keseriusan BLU PIP untuk membuka diri, lebih mendengar, dan melayani semua masyarakat. “Mari kita dukung penyebarluasan informasi mengenai Contact Center SalamPIP kepada masyarakat serta memanfaatkan semaksimal mungkin,” pesan Hadiyanto.
Contact Center SalamPIP dapat diakses melalui situs salam-pip.kemenkeu.go.id. Seluruh elemen masyarakat dapat memberikan pertanyaan, masukan, dan pengaduan terkait pembiayaan UMi melalui fasilitas tersebut.
Dalam Grand Launching SalamPIP juga dilaksanakan webinar Inovasi Layanan Publik bagi UMKM dengan narasumber Direktur SMI, Ludiro, Bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Hamim Pou, dan Kepala UKM Center FEB-UI, Zakir Machmud. Rangkaian acara tersebut dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh jajaran DJPb, BLU PIP, dan Kementerian Keuangan di seluruh Indonesia. (dr/aaw)