Madiun

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Madiun Laksanakan Sosialisasi Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran TA. 2022 dan Penganugerahan Penghargaan Satker dan Pemda Terbaik TA. 2021

 

 

 

Madiun-djpb.kemenkeu.go.id/kppn/Madiun. Kamis, (10/02) KPPN Madiun menyelenggarakan Sosialisasi Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran TA. 2022 dan Penganugerahan Satker dan Pemda Terbaik TA. 2021.

Acara dilaksanakan secara Hybrid. Kegiatan Tatap Muka Langsung dilaksanakan di Aula KPPN Madiun yang dihadiri kurang lebih 50 peserta undangan, dari perwakilan Satker K/L Pusat dan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten Penyalur DAK Fisik Dana Desa sebagai Mitra Kerja Lingkup Kerja KPPN Madiun sebagai penerima penghargaan. Sementara selebihnya sekitar 90-an peserta hadir melalui Room Zoom Meeting KPPN Madiun.

Acara diselenggarakan dalam rangka menyamakan persepsi antara KPPN Madiun dengan Satker Mitra Kerja dan Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 sesuai arahan Menteri Keuangan sebagaimana tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor: S-1140/MK.05/2021.

Dalam materi yang disampaikan oleh Kepala KPPN Madiun, Kutfi Jusmintari, terdapat 6 poin yang menjadi langkah strategis pelaksanaan Anggaran 2022 antara lain:

  1. Melakukan Perbaikan Perencanaan
  2. Mempercepat Pelaksanaan Program/Kegiatan/Proyek
  3. Melakukan Percepatan Pelaksanaan PBJ
  4. Mempercepat dan Meningkatkan Ketepatan Penyaluran Dana Bansos dan Banper
  5. Meningkatkan Kualitas Belanja melalui Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja (Value for Money)
  6. Meningkatkan Monitoring dan Evaluasi serta Pengawasan Internal.

Melalui enam langkah strategis tersebut diharapkan APBN dapat menjadi penopang utama Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini.

Dengan membelanjakan anggaran pada awal tahun diharapkan peredaran uang di masyarakat semakin cepat tanpa menunggu akhir tahun sehingga APBN sebagai intrumen yang mendorong pertumbuhan ekonomi semakin dapat dirasakan.

Pastikan Pelaksanaan Anggaran sesuai rencana, tepat sasaran, belanja yang efisien dgn mempertimbangkan value for money dan taat aturan.

Kutfi juga menyampaikan tentang Visi Misi maupun Peta Strategi KPPN Madiun yang sangat memerlukan adanya sinergi dan andil besar dari Mitra Kerja untuk mewujudkannya.

Tak lupa juga Kutfi meminta dukungan Satker dan Mitra Kerja dalam menjaga dan menerapkan implementasi ISO SMAP 37001 : 2016,  untuk terus mempertahankan integritas pegawai KPPN Madiun dalam layanannya. Mitra kerja diharapkan mendukung prinsip 4 NOs:  NO Bribery; No Gift; No Kick Back; dan No Luxurious Hospitality dalam menerima layanan KPPN Madiun. Apabila ada yang melanggar diminta untuk melapor pada saluran aduan yang telah disediakan.

Dalam Rangkaian acara tersebut, dilaksanakan Kegiatan Penganugerahan Penghargaan bagi Satuan Kerja Maupun Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten Berprestasi dalam berbagai Kategori.

Terpilih sebagai Satker dan Pemda terbaik diantaranya adalah:

Pemerintah Kab Ngawi untuk kategori Penyelesaian Dana Desa TA 2021 Tercepat; Pemerintah Kota Madiun untuk kategori Penyelesaian Penyaluran Dak Fisik TA 2021 Tercepat; Pengadilan Agama Kota Madiun mendapat penghargaan sebagai Satker dengan Nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran ( IKPA) Tahun 2021 Terbaik (Pagu sd 5 milyar); dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kab Ngawi sebagai Satker dengan Nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran (IKPA) Tahun 2021 Terbaik ( Pagu diatas 5 milyar).

Tercatat 28 Satker menerima penghargaan dengan berbagai kategori sebagaimana penilaian yang diberikan berdasarkan Keputusan dari Kepala KPPN Madiun.

 

Semoga kegiatan ini dapat menjadikan motivasi semua pihak untuk mengelola APBN secara baik, efisien dan efektif untuk meningkatkan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat secara umum.

Langkah Strategis Optimal APBN Manfaat Untuk Rakyat, Pasti Bisaa.!!

#DJPbHAnDAL

#DJPbKawalAPBN

#KPPNMadiunJossss

#LayananKelasDuniaTetapSigapTanpaSuap..

#LangkahStrategisPelaksanaanAggaran

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search