Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Komposisi, Kompetensi, Dan VItalitas Pengelolaan SDM

Liputan Workshop Pengelolaan Sumber Daya Manusia Ditjen Perbendaharaan
Jakarta
, perbendaharaan.go.id "SDM itu adalah aset, dimana aset itu akan berharga bila kita bisa mengelolanya dengan baik..." Demikian salah satu poin sambutan Direktur Transformasi Perbendaharaan, Paruli Lubis, mewakili Dirjen Perbendaharaan yang berhalangan hadir pada acara pembukaan Workshop Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Ditjen Perbendaharaan, Selasa (2/2), bertempat Gedung Pridjadi Prapto Suhardjo II, Jakarta.

Workshop tersebut dapat terselenggara dengan kerjasama antara Ditjen Perbendaharaan bersama Bank Dunia, serta beberapa konsultan profesional di bidang pengelolaan SDM. Perwakilan Bank Dunia, Mr. Theo David Thomas, selaku Task Team Leader PFM MDTF Bank Dunia, turut serta memberi sambutan pembukaan di awal acara. Peserta Workshop yang hadir merupakan para pejabat eselon II, III, dan IV dari lingkup Kementerian Keuangan.

Acara dibagi menjadi dua sesi, berlangsung sejak pagi hingga petang hari. Pembicara Pertama, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan (DJPBN), K.A. Badaruddin memberikan pemaparan mengenai masalah pengelolaan dan pengembangan SDM DJPBN saat ini. Sebagai salah satu unit eselon I terbesar pada lingkup Kementerian Keuangan, yang memiliki 1 Kantor Pusat, 30 Kantor Wilayah, dan 178 KPPN, dengan sebanyak 9.687 pegawai tersebar di seluruh Indonesia, sudah barang tentu menjadi tantangan tersendiri dalam pengelolaannya. Terlebih dalam menyongsong lahirnya Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN), DJPBN akan menghadapi kelebihan pegawai dari sisi kuantitas. Keadaan ini pada akhirnya akan menuntut pengelolaan SDM yang benar-benar tepat, guna kesuksesan transformasi DJPBN.

Pembicara kedua, Direktur Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur (KITSDA) Ditjen Pajak, Bambang Basuki, memberikan gambaran sekaligus pengalaman strategi pengelolaan SDM dalam Reformasi Birokrasi Ditjen Pajak. Persepsi negatif yang sudah terlanjur melekat di tengah masyarakat terhadap aparatur pajak berusaha dikikis melalui program Reformasi Moral dan Etika, Revisi Kode Etik, serta Penetapan Nilai-nilai Organisasi PASTI.

Direktur Sesdilu, Kementerian Luar Negeri, Eko Hartono sebagai pembicara ketiga, menjelaskan pengalaman peningkatan pengelolaan SDM pada Kementerian Luar Negeri RI melalui skema reformasi rekrutmen, edukasi dan training, remunerasi, serta reward dan punishment.

Direktur Daya Dimensi Indonesia, Vina Pendit, konsultan yang bergerak pada bidang SDM sebagai pembicara terakhir pada sesi pertama menjelaskan penerapan assesment untuk mendefinisikan kemampuan pegawai serta metode pengembangan kapasitasnya. Penjelasan tersebut menambah khasanah keilmuan bidang pengelolaan SDM bagi para peserta, untuk selanjutnya dapat diimplementasikan dalam organisasi

Setelah istirahat dan makan siang, acara memasuki sesi kedua. Pembicara kelima, Henry Hanafiah, sebagai HCG Practice Leader Tower Watson, memberi penjelasan penerapan talent management di Indonesia dan kemungkinan penerapannya pada DJPBN.

Penerapan redudancy management di Indonesia dan kemungkinan penerapannya untuk DJPBN dijelaskan dihadapan para peserta oleh General Manager Hay Group, Sylvano Damanik. Kemudian dilanjutkan dengan materi penerapan peningkatan kualitas SDM dan pengolahannya oleh Human Capital Management Advisor PT Bank OCBC NISP Tbk, Bapak Purnomo Nursalim.
Pembicara terakhir pada acara tersebut, Managing Partner TASS Consulting, Marina Tusin memberikan materi kerangka dan penerapan perubahan untuk mendukung transformasi SDM.

Seluruh peserta cukup antusias dengan materi yang disuguhkan, karena keterbatasan waktu, sesi diskusi tidak dapat menampung seluruh pertanyaan. Acara berakhir pada pukul 17.45 WIB yang ditutup oleh Direktur Transformasi Perbendaharaan, Paruli Lubis.

Workshop tersebut diharapkan membuat pengelolaan SDM lebih efektif dalam mendukung tujuan organisasi, menciptakan komposisi ideal berdasarkan kompetensi.

Oleh : Novri - Bagian Pengembangan Pegawai.

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)