Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

KPPN Blitar, Kampiun Pada Lomba Website Djpbn

Liputan Lomba dan Bimtek Pengelolaan Website
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash KPPN Blitar boleh berbangga tahun ini. Dalam kompetisi website kantor di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, kantor tersebut berhasil menggondol penghargaan paling bergengsi. Peringkat pertama! Alias juara.

Era keterbukaan informasi publik menuntut semua instansi pemerintah membuka pintu informasi mereka seluas-luasnya. Menjawab tuntutan tersebut, kantor-kantor di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah memiliki portal informasi berbentuk website yang dapat diakses oleh publik. Namun, apabila diperhatikan lebih seksama lagi, tampilan website masing-masing kantor masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas dan standar pembuatan website, Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyelenggarakan lomba website sekaligus bimbingan teknis pengembangan website.

&rdquoKegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan media informasi menggunakan internet,&rdquo kata Muslih, Kasubbag Pengelolaan Basis Data dan Sarana Pengembangan, Bagian Pengembangan Pegawai, Sekretariat Ditjen Perbendaharaan saat melaporkan kegiatan lomba website, Senin, 23/8 lalu di Jakarta. &rdquoDi samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menstandarisasikan website Kanwil dan KPPN,&rdquo lanjutnya lagi.

Lomba website ini diikuti oleh 64 peserta dari seluruh Indonesia. Para pengelolanya diundang ke Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk mengikuti bimbingan teknis pengelolaan website.

&rdquoSaya berharap, dengan adanya kegiatan ini, website kantor-kantor (KPPN dan Kanwil &ndash red) di daerah bisa lebih meningkat lagi kualitas pengelolaan maupun kuantitas beritanya,&rdquo kata Sahat M.T. Panggabean, Kepala Bagian Pengembangan Pegawai saat memberikan sambutan dalam pembukaan bimtek. &rdquoJangan sampai meng-update beritanya itu satu tahun sekali,&rdquo lanjutnya.  

Penilai sekaligus pemateri dalam lomba dan bimtek pengembangan website ini adalah provider dari Brainmatics IT Training & Consulting, Jakarta. Penilaian berdasarkan parameter atau atribut pengukuran yang sudah ditentukan dan tersusun secara hirarkis. Terdapat empat komponen yang dinilai dari website yang mengikuti lomba tersebut. Keempat komponen itu adalah pertama, konten dengan bobot 40% dengan kriteria quantity, quality, language dan richmedia. Kedua, desain (20%), kriteria usability, navigation, composition, typography dan color. Ketiga, teknologi (20%), criteria content management system, features, compatibility, security dan accessibility. Keempat, komunitas (20%) dengan criteria collaboration, syndicationand, aggregation, community-generated content, social network dan traffic.

&ldquoKuantitas itu adalah banyaknya konten yang ada pada website, sedang quality adalah kualitas konten baik dari sisi tulisan maupun multimedia lainnya,&rdquo kata Romi Satria Wahono, Ketua Dewan Juri Kompetisi Website, dari Brainmatics Jakarta. &ldquoLanguage adalah pemilihan bahasa, sedang richmedia adalah kombinasi konten baik berupa teks, gambar, video atau suara yang memungkinkan pengunjung bisa langsung berinteraksi,&rdquo lanjut Romi saat memaparkan hasil penilaiannya.

Dalam ulasannya terhadap website KPPN Blitar yang memenangkan kompetisi ini, Romi mengatakan bahwa website KPPN Blitar memiliki desain yang interaktif. &ldquoDari segi konten, website KPPN Blitar kaya akan berita, dinamis dan penempatannya disajikan dengan prioritas yang sangat baik,&rdquo kata Romi Satria Wahono. &ldquoKonten yang ditawarkan pada halaman pertama sangat kaya namun tidak menghilangkan aspek user friendly pada navigasi,&rdquo sambungnya.
Di samping KPPN Blitar yang keluar sebagai kampiun, dalam lomba website ini memunculkan nama KPPN Tanjung Redeb sebagai juara kedua dan KPPN Atambua sebagai juara ketiga.

Bimbingan teknis pengelolaan website yang dilaksanakan di Treasury Learning Center (TLC) ini akan berlangsung selama tiga hari. Melalui bimbingan langsung dari provider yang sudah berpengalaman, diharapkan setelah mengikuti bimbingan teknis ini, semua website KPPN dan Kanwil dapat berkembang dengan baik. Secara rutin berita ter-update, sehingga masyarakat dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di kantor-kantor di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, sebagai sarana mengawal reformasi birokrasi yang sedang berjalan.

Untuk hasil penilaian lomba website KPPN dan Kanwil silahkan unduh disini

Oleh    : Bambang Kismanto dan Sugeng Wistriono &ndash Media Center Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)