Ambon, djpbn.kemenkeu.go.id - Reformasi birokrasi di kementerian keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan terus melaju. Setelah sukses melakukan reformasi di KPPN melalui KPPN Percontohan, kini giliran unit organisasi yang lebih tinggi menjadi sasarannya. Setelah 20 Kanwil Ditjen Perbendaharaan diresmikan sebagai pilot project Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan beberapa waktu yang lalu, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku tidak mau ketinggalan. Bertempat di Gedung Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku pada hari Senin 27 Desember 2010 Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku secara resmi di luncurkan dengan ditandai pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur Provinsi Maluku Said Assagaf.
Dalam sambutannya Wakil Gubernur Provinisi Maluku mengatakan pihaknya menyambut baik adanya upaya dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku yang terus menerus melakukan perbaikan dalam melayani seluruh mitra kerja. Wakil gubernur juga mengapresiasi atas pelayanan yang diberikan di bidang perbendaharaan yang meliputi validasi DIPA, pengesahan revisi DIPA, penerbitan surat persetujuan/dispensasi tambahan uang persediaan (TUP) dan rekonsiliasi laporan SAI dengan SAU dengan ramah, cepat, tepat, dan tanpa biaya.
Sementara itu Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Hendro Baskoro dalam laporannya mengungkapkan bahwa Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan merupakan komitmen pelayanan prima kepada stakeholders terutama kepada mitra kerja, yang diharapkan dapat mengubah persepsi masyarakat yang melekat selama ini terhadap layanan birokrasi pemerintah yaitu pelayanan yang lamban, dipersulit dan berbelit-belit.
“Layanan Unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan adalah layanan perbendaharaan kepada pemangku kepentingan dalam wilayah kerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan. Layanan unggulan ini menerapkan konsep pelayanan satu tempat atau one stop service , yang didukung dengan SDM yang berkualitas, bisnis proses yang sederhana, pemanfaatan teknologi informasi sehingga dapat memberikan informasi secara real time dan terbangunnya single data base. Semua layanan bertahap melalui front office, middle office dan back office,” papar Hendro Baskoro.
Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Maluku, Wakil Walikota Ambon, Muspida Provinsi Maluku dan pimpinan perbankan serta kuasa pengguna anggaran/pimpinan satuan kerja di lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku. Dalam acara inijuga dilakukan penyerahan penghargaan bagi pemenang Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah Semester I Tahun Anggaran 2010 oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinisi Maluku kepada Kanwil Kementerian Agama (Peringkat I), Polda Maluku (Peringkat II) serta Balai Pengkajian Tanaman Pangan (BPTP) Maluku (Peringkat III).
Acara launching ditutup dengan peninjauan ke pusat layanan unggulan (Service Center) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinisi Maluku. Undangan antusias mendengarkan paparan dari Kepala Bidang Pembinaan Perbendaharaan II yang juga Kepala Bidang Pelaksanaan Anggaran, Darmawan, tentang produk layanan unggulan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku yang meliputi jenis layanan, dukungan IT (web service) dan fasilitas-fasilitas lain dari layanan unggulan.
Oleh : Kontributor Kanwil DJPBN Ambon
Editor : Bambang Kismanto – Media Center Perbendaharaan
- Regional
- Dilihat: 3660