Berita Regional

Seputar Ditjen Perbendaharaan

Duta TK Gorontalo Gelorakan Spirit Transformasi Kelembagaan

Seluruh pejabat dan pegawai DJPb lingkup Kantor Wilayah Gorontalo selayaknya mengikuti perkembangan informasi dan teknologi serta memiliki tanggung jawab yang besar untuk ikut menyukseskan program inisiatif strategis yang telah ditetapkan oleh kantor pusat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Adnan Wimbyarto dalam sambutan dan pembukaan kegiatan Internalisasi Program Kerja Transformasi Kelembagaan bertajuk “Overview Transformasi Kelembagaan dan Progress Capaian Quickwins DJPb Periode April Tahun 2023” yang diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Senin (22/05).

Selanjutnya, pemaparan materi disampaikan secara lengkap oleh Ahmad Wiyoso selaku Change Agent Transformasi Kelembagaan pada Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo. Dalam paparan materi pertamanya mengenai Overview Transformasi Kelembagaan, Ahmad Wiyoso menyampaikan tujuan bertransformasi dan manfaat dari Transformasi Kelembagaan Keuangan yang dipengaruhi tuntutan internal dan eksternal. Tuntutan internal di antaranya yaitu, (1) reformasi, regulasi dan manajemen keuangan negara, (2) good governance, (3) peningkatan kinerja dan kualitas tata kelola, (4) peningkatan manajemen sumber daya organisasi. Sedangkan tuntutan eksternal antara lain: (1) tuntutan masyarakat, (2) transparansi, (3) pencegahan korupsi, (4) perkembangan teknologi 4.0, serta (5) Covid-19.

Sementara itu, tujuan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan antara lain:

  1. Peningkatan kualitas organisasi dan penyelarasan struktur organisasi;
  2. Perbaikan proses bisnis;
  3. Modernisasi kebijakan dan manajemen SDM;
  4. Perbaikan tata kelola dan kualitas pelayanan yang diberikan untuk mewujudkan Kementerian Keuangan yang unggul di tingkat dunia.


 “Pengejawantahan transformasi kelembagaan itu sendiri dilakukan melalui peningkatan kualitas organisasi, perbaikan proses bisnis, modernisasi kebijakan, dan manajemen SDM serta perbaikan tata kelola dan kualitas pelayanan yang diberikan untuk mewujudkan Ditjen Perbendaharaan InTress HAnDAL,” tambahnya.

Paparan dilanjutkan dengan materi highlight Progress Capaian Quickwins DJPb Periode April Tahun 2023 yang dalam pelaksanaannya melibatkan kantor vertikal baik Kanwil maupun KPPN agar unit vertikal ikut berkontribusi guna tercapainya program tersebut.

Acara yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil ini dikemas sangat menarik oleh lighthouse Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Lutfiah Setyaningsih, yang memberikan kuis kepada para peserta guna memastikan materi telah tersampaikan dengan baik dan komprehensif serta dapat meningkatkan pemahaman internal.

Terakhir, Kakanwil DJPb Gorontalo berpesan kepada seluruh peserta bahwa semangat transformasi telah digelorakan. “Mari kita sukseskan bersama Transformasi Kelembagaan Ditjen Perbendaharaan dengan sinergi dan kolaborasi guna peningkatan peran serta organisasi,” imbuhnya. (Kontributor Leni Marlina, Kepala Seksi Analisa, Statistik, dan Penyusunan Laporan Keuangan,Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo). (LM/MBU)

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)