Liputan Grand Launching Implementasi Layanan Unggulan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng
Palu, perbendaharaan.go.id - “Anda berada pada kawasan bebas gratifikasi!” Kalimat tersebut sempat membuat Gubernur Sulawesi Tengah beserta Unsur Muspida terkejut ketika memasuki Pusat Layanan Terpadu (service center) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng. Poster berfigura tersebut langsung menarik perhatian para undangan yang semakin penasaran dengan “wajah baru” pelayanan pada Front Office. Merujuk pada run down susunan acara, maka Gubernur beserta Muspida dan undangan lainnya meninjau Front Office, Middle Office dan Back Office, pada acara Grand Launching Layanan Unggulan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan tahap I pada hari Kamis, 6 Mei 2010.
Rona kekaguman semakin terpancar dari wajah undangan yang hadir ketika Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, Bjardianto Pudjiono menjelaskan sarana dan prasarana pada Front Office. Secara kronologis, peninjauan bermula pada pemaparan pembagian loket pada front office, kemudian Standard Operating Procedures yang memperjelas kepastian penyelesaian pekerjaan. Pemanfaatan IT untuk mendukung pelayanan ditunjukkan dengan menampilkan Aplikasi Layanan Unggulan , monitoring penyelesaian pekerjaan pada web service, Website Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng, SMS Center dan Pojok Media yang menggunakan monitor jenis touchscreen. Tidak berhenti disitu, ketersediaan CCTV pada setiap ruangan, terutama Front Office membuktikan sistem pengawasan terpadu untuk mencegah praktik KKN oleh petugas layanan.
Grand Launching Layanan Unggulan yang dilaksanakan serentak di 20 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut Reformasi Birokrasi di Kementerian Keuangan RI yang telah dirintis sejak tahun 2007. Dalam sambutan Menteri Keuangan yang dibacakannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah, menerangkan bahwa konsep unggulan tersebut diharapkan memberikan kontribusi signifikan untuk mengubah persepsi masyarakat selama ini terhadap stigma birokrasi pemerintah yang lamban, berbelit-belit, tidak ada unsur kepastian, bahkan masih mengenakan pungutan . Persepsi kedepan, dengan layanan unggulan ini adalah layanan yang cepat, sederhana, menjamin adanya kepastian, serta bebas pungutan. Peresmian ini menjadi bukti bahwa jajaran kementerian keuangan tidak pernah berhenti berbenah diri, terus melakukan inovasi dalam rangka mensukseskan reformasi birokrasi.
Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa terwujudnya Good Governance dan Clean Government ditandai dengan adanya peningkatan kinerja yang disertai perubahan mind set seluruh jajaran kementerian keuangan. Posisi kementerian keuangan, selain sebagai pengguna anggaran/pengguna barang, juga sebagai pengelola fiskal dan bendahara umum negara, menjadi sangat strategis dalam kaitannya dengan pengelolaan APBN, yang dari tahun ke tahun terus meningkat volumenya. Bertitik tolak dari hal tersebut, reformasi birokrasi di lingkungan kementerian keuangan merupakan suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan dengan baik, benar, dan sukses.
Bapak Mayjen (Purn) H.B. Paliudju, Gubernur Sulawesi Tengah , menyambut baik upaya Kementerian Keuangan khususnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulteng yang terus-menerus melakukan perbaikan dalam melayani seluruh mitra kerja selaku pemangku kepentingan. Beliau kemudian kembali menegaskan kebulatan tekad untuk bersama memerangi praktek korupsi, kolusi dan nepotisme guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.
Mini Treasury Learning Center atau yang biasa disingkat MTLC merupakan bagian dari Front Office dan hanya dibatasi oleh dinding kaca bening . Hal ini adalah untuk memberikan solusi yang tepat atas fungsi pelayanan sekaligus guru bagi Ditjen Perbendaharaan dan stakeholder. Pada MTLC tersedia fasilitas perpustakaan, laboratorium pelatihan aplikasi, pelatihan kepada satuan kerja serta Klinik Konsultasi Perbendaharaan yang dirasakan akan sangat membantu pemahaman dan penyelesaian pekerjaan satuan kerja.
Akhirnya, Peresmian Layanan Unggulan ini ditutup dengan foto bersama seluruh pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tengah dengan Gubernur dan Unsur Muspida. Semoga komitmen bersama memberikan layanan unggulan yang bebas gratifikasi dengan ditandai penyematan Pin Layanan Unggulan kepada Kepala Kanwil oleh Gubernur Sulawesi Tengah dapat berjalan baik dan juga dapat diterapkan oleh instansi pemerintah lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah. Semangat Indonesia menuju yang terbaik.
Kontributor: Tim Liputan Grand Launching Kanwil DJPBN Sulteng