Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Dirjen Perbendaharaan Berpesan Kepada Jajaran Ditjen Perbendaharaan Untuk Meningkatkan Inovasi Kerja

Liputan Kunjungan Kerja Direktur Jenderal Perbendaharaan Ke Sumatera Barat

Padang, perbendaharaan.go.id, - “Bekerja bukan semata-mata untuk hanya melaksanakan tugas, tetapi untuk kepentingan orang banyak, untuk itu mari kita bersinergi menanamkan nilai-nilai Kementerian Keuangan untuk melaksanakan amanah yang terbaik untuk bangsa dan negara”. Merupakan sepenggal pesan dari Direktur Jenderal Perbendaharaan, Marwanto Harjowiryono, dalam kunjungannya ke Sumatera Barat (23/05/2014).

Dalam rangkaian kunjungan kerja di Sumatera Barat, Direktur Jenderal Perbendaharaan berkesempatan meninjau Kanwil dan sejumlah KPPN yang berada di wilayah Sumatera Barat. Dimulai dengan kunjungan ke KPPN Padang, dilanjutkan ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, KPPN Solok dan berakhir di KPPN Bukittinggi.

Tepat pukul 8.00 WIB Dirjen Perbendaharaan yang didampingi oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara, R. Wiwin Istanti, serta Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setditjen Perbendaharaan, Syafriadi, tiba di KPPN Padang dan langsung disambut oleh Kepala KPPN Padang, Subur Bahariyanto, beserta para pegawai.

Front Office KPPN padang yang tampak lapang dan lebih nyaman dengan berbagai fasilitas pendukung tak luput dari perhatian. Di sela-sela kunjungan itu, Direktur Jenderal Perbendaharaan menyempatkan berdialog dengan beberapa satker yang saat itu sedang berada di ruang tunggu Front Office.

Setelah berkeliling melihat sarana dana prasarana KPPN Padang, Dalam acara pengarahan yang berlangsung di aula KPPN Padang, pejabat yang lahir di Yogyakarta 55 tahun yang lalu itu juga mengingatkan untuk terus meningkatkan inovasi dengan tidak mengabaikan aturan-aturan serta SOP yang ada.

“Gedung yang direnovasi tidak ada artinya apabila kita tidak turut merenovasi diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik. Ke depannya, renovasi ini diharapkan akan menjadikan pelayanan kita menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat!” tegasnya.

Pukul 10.00 WIB, Dirjen Perbendaharaan dan rombongan melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya ke Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan ini Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, R. Wiwin Istanti, menyampaikan berbagai capaian kegiatan serta kondisi kantor terkini. Dalam arahannya, Dirjen Perbendaharaan berpesan kepada segenap pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinisi Sumatera Barat untuk senantiasa bahu membahu, kompak dan menjalin sinergi yang kuat dalam rangka mengemban tugas yang semakin berat sebagai representasi Kemenkeu di daerah.

Memenuhi agenda berikutnya, Dirjen Perbendaharaan beserta rombongan bertolak ke KPPN Solok yang ditempuh melalui perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam dari Padang. Rombongan tiba pukul 15.00 WIB. Setelah melakukan peninjauan ruang “pelayanan darurat” sehubungan gedung KPPN Solok tengah dalam renovasi, acara dilanjutkan dengan pengarahan dan tanya jawab yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPPN Solok. Sebelum meninggalkan KPPN Solok, Dirjen Perbendaharaan berpesan kepada seluruh pegawai KPPN Solok agar senantiasa meningkatkan pelayanan kepada stakeholders. “Tolong dipastikan bahwa pelayanan KPPN Solok lebih meningkat, jaga, jangan sampai pelayanan kepada satker terhambat, walaupun harus bekerja di tempat yang masih darurat!” Dalam kunjungan kerja ini Direktur Jenderal Perbendaharaan juga berkenan menghadiri acara syukuran atas selesainya renovasi gedung dan penataan layout KPPN Padang yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama. Untuk menyemarakkan acara ini digelar pula “ KIM “ -sebuah permainan tradisional ranah minang yang menggabungkan antara pantun dan lagu serta doorprize menarik.

Keesokan harinya, Dirjen Perbendaharaan dan rombongan melakukan kunjungan ke KPPN Bukittinggi yang menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari Padang. Dalam pengarahannya Dirjen Perbendaharaan menjelaskan panjang lebar tentang reformasi birokrasi yang telah dilakukan sejak tahun 2007 di Ditjen Perbendaharaan khususnya dan Kementerian Keuangan pada umumnya. Kementerian Keuangan adalah Kementerian yang telah mendapatkan remunerasi sejak awal. Hal ini dikarenakan Kementerian Keuangan dari awal reformasi birokrasi telah melakukan berbagai perbaikan mulai dari penyusunan proses bisnis, pembinaan Sumber Daya Manusia, pembentukan assesment center, serta janji layanan kepada mitra kerja.

Kontributor: Totok Suyanto, Rizki Dian Bareta

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)