Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Liputan Diklat Penyuluh Perbendaharaan Tahun 2014

Jakarta, perbendaharaan.go.id – Pada tahun 2014, Direktorat Sistem Perbendaharaan kembali melaksanakan Diklat Penyuluh Perbendaharaan pada tanggal 5 s.d. 10 Mei 2014 di Hotel

Jakarta,perbendaharaan.go.id- Diklat ini dilaksanakan mengingat kebutuhan akan tenaga Penyuluh Perbendaharaan di KPPN dan Kanwil masih sangat besar. Selain itu, masih terdapat beberapa unit instansi vertkal Ditjen Perbendaharaan yang belum memiliki Penyuluh Perbendaharaan atau hanya memiliki satu orang Penyuluh Perbendaharaan. Dari jumlah ideal tenaga Penyuluh Perbendaharaan pada Kanwil dan KPPN sejumlah 680 pegawai, saat ini baru terdapat 493 pegawai yang telah bersertifikat Penyuluh Perbendaharaan.

Diklat ini sekaligus menjawab tantangan Ditjen Perbendaharaan dikarenakan perkembangan tugas dan fungsi pada unit vertikal yang saat ini semakin membutuhkan peran Penyuluh Perbendaharaan untuk mendukung kinerja Bimbingan Teknis kepada Satker Kementerian Negara/Lembaga. Untuk itu Direktorat Sistem Perbendaharaan terus berkomitmen untuk melaksanakan perekrutan Penyuluh Perbendaharaan bersertifikat dan juga pelaksanaan penyegaran atau upgrading kepada Penyuluh Perbendaharaan bersertifikat yang telah ada.

Kegiatan penyuluhan perbendaharaan sebenarnya bukan sesuatu yang baru karena sudah sejak lama Ditjen Perbendaharaan telah melaksanakan fungsi ini. Kanwil Ditjen Perbendaharaan dan KPPN telah melakukan penyuluhan/sosialisasi/bimtek/konsultasi kepada satker Kementerian Negara/Lembaga mengenai berbagai hal terkait fungsi-fungsi kebendaharaan. Di Kanwil Ditjen Perbendaharaan sudah ada Bidang Pembinaan Perbendaharaan yang salah satu fungsinya adalah juga melakukan penyuluhan. Selanjutnya juga ada bimbingan akuntansi dan pelaporan keuangan pada satker Kementerian Negara/Lembaga yang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bidang Akuntansi dan Pelaporan Keuangan.

Pada pembukaan kegiatan Diklat Penyuluh Perbendaharaan pada hari senin tanggal 5 Mei 2014, Direktur Sistem Perbendaharaan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada jajaran Subdit Pengembangan Profesi dan Program Pensiun dan unit-unit terkait yang sejak awal memprakarsai pembentukan Penyuluh Perbendaharaan hingga akhirnya Direktorat SP dapat melaksanakan kesinambungan program pembentukan tenaga Penyuluh Perbendaharaan melalui mekanisme Diklat sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor 6 Tahun 2011 tentang Penyuluh Perbendaharaan.

Perlu diketahui, pada tahun 2013 Direktorat SP telah melakukan perekrutan Penyuluh Perbendaharaan bersertifikat melalui Diklat Penyuluh Perbendaharaan, yang terbagi menjadi Diklat Penyuluh Perbendaharaan Tk. Dasar dan Tk. Lanjutan dengan tingkat kelulusan 97,7% dari seluruh peserta yang berjumlah 86 orang.

Direktur Sistem Perbendaharaan mengapresiasi kegiatan ini, selain peseta dibekali materi hard comptency juga diberikan soft competency yaitu materi Komunikasi dan Presentattion Skill serta Teknik Consuling. Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi calon penyuluh perbendaharaan. Beliau juga berpesan kepada peserta untuk dapat menjaga kondisi kesehatan dikarenakan diklat yang berlangsung lama dan padatnya materi sehingga peserta dalam kondisi sehat dan semua peserta diharapakan dapat lulus 100%.

Oleh : Ramdani – Sekretariat Ditjen Perbendaharaan

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)