Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Menggapai “Citra” Melalui Inovasi Pelayanan

Liputan Penilaian Citra Pelayanan Publik tahun 2010 di KPPN Percontohan Gorontalo
Gorontalo, perbendaharaan.go.id - Hari Selasa (27/4) merupakan hari yang cukup monumental sekaligus mendebarkan bagi seluruh jajaran pegawai KPPN Percontohan Gorontalo. Hal ini disebabkan karena pada hari itu mereka kedatangan Tim Penilai Citra Pelayanan Publik yang akan melakukan penilaian atas inovasi pelayanan yang telah dilakukan kantor layanan Ditjen Perbendaharaan tersebut.

Citra Pelayanan Publik merupakan salah satu upaya pemerintah memacu peningkatan layanan oleh instansi pemerintah yang memiliki fungsi pelayanan  publik melalui inovasi layanan sehingga dapat memenuhi kriteria layanan prima yang sederhana, jelas, memiliki kepastian waktu layanan, akurat dan nyaman. Hal ini disampaikan Kepala Biro Organta Setjen Kementerian Keuangan, Samsuar Said yang datang mendampingi Tim Penilai Citra Pelayanan Publik tahun 2010.

Beliau menambahkan bahwa diantara seluruh unit kerja Kementerian Keuangan yang berjumlah sekitar 10.700 unit, KPPN Percontohan Gorontalo dan Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Kediri telah terpilih untuk mewakili Kementerian Keuangan dalam penilaian tersebut. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi Ditjen Perbendaharaan karena KPPN Percontohan Gorontalo telah menunjukkan bahwa jarak bukanlah sebuah kendala untuk menggapai prestasi melalui pengembangan inovasi pelayanan. Beberapa poin yang menjadi andalan bagi KPPN yang berlokasi di salah satu provinsi baru di Indonesia untuk maju menjadi kandidat penerima Citra Penilaian Publik adalah kemampuannya untuk melakukan terobosan dan inovasi dalam mendukung pelayanan kepada satker/mitra kerja yang ditangani dengan keterbatasan sarana yang ada, berupa ketepatan janji layanan, kemudahan akses untuk mendapatkan informasi layanan, keteraturan sistem kearsipan, dan lain lain.

Untuk mendapatkan hasil yang obyektif, penilaian Citra Pelayanan Publik dilakukan dengan melibatkan beberapa unsur terkait yaitu Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (KemenPAN), media masa dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan mengedepankan penilaian pada faktor-faktor inovasi layanan yang dilakukan. Tim Penilai terdiri dari 4 orang dipimpin oleh pejabat dari TVRI Pusat, Karya Sembiring Kemenpan dan RB, Syafri dan Gunawan dan unsur LSM, Erwin Syarif. Melalui pengamatan yang dilakukan pada saat penilaiain, secara umum tim penilai memberikan apresiasi yang cukup tinggi atas inovasi pelayanan yang dilakukan KPPN Percontohan Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, K.A. Badaruddin mengemukakan  bahwa KKPN Percontohan dengan berbagai inovasi layanannya, merupakan hasil sinergi atau perkawinan antara reformasi manajemen keuangan negara dengan reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan. Secara khusus pada kesempatan tersebut, Sekretaris Ditjen menyampaikan pesan dari Direktur Jenderal Perbendaharaan, Herry Purnomo yang ingin menyampaikan apresiasi beliau sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai KPPN Percontohan Gorontalo yang telah melakukan inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan dan prestasi yang telah dicapai, antara lain berupa Juara II kantor pelayanan percontohan tingkat Kementerian Keuangan pada tahun 2008 dan penghargaan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Gorontalo.

K.A. Badaruddin juga menyampaikan bahwa seharusnya inovasi layanan yang selama ini dilakukan bukan hanya semata-mata dilakukan hanya untuk mendapatkan citra pelayanan publik saja, namun juga diharapkan dapat memperoleh apresiasi pihak independen yang dibuktikan dalam bentuk citra pelayanan publik. Beliau berharap prestasi ini dapat mejadi wujud apresiasi yang perlu disyukuri, menjadi pendorong KPPN Percontohan Gorontalo untuk terus melakukan perbaikan ke depan dan menjadi contoh yang baik bagi unit kerja Ditjen  Perbendaharaan yang lain.

Sebagai rangkaian kegiatan perjalanan ke Gorontalo, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan mewakili Direktur Jenderal Perbendaharaan beserta rombongan Kantor Pusat melanjutkan perjalanan ke KPPN Kotamubago di Sulawesi Utara dengan menempuh 6 jam perjalanan darat dari kota Gorontalo. Perjalanan yang cukup melelahkan ini akhirnya dapat terobati melihat antusiasme dan semangat para pegawai KPPN Kotamubago dalam melakukan perubahan sesuai semangat reformasi birokrasi.

Hal ini dapat dilihat melalui pola layanan KPPN percontohan yang telah diterapkan secara penuh oleh KPPN Kotamubago. Pada kesempatan berbahagia tersebut, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan melakukan dialog dengan seluruh jajaran pegawai dan  berpesan kepada mereka untuk tetap bersemangat dan tidak berhenti melakukan perbaikan dan perubahan dalam mendukung reformasi birokrasi seperti yang telah dilakukan KPPN Kotamubago selama ini.

Oleh : Ludiro dan Tonny W Poernomo &ndash Sekretariat Ditjen PBN

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)