Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Membangun Cinta Dan Kebersamaan Melalui Perbendaharaan Adventure

Catatan dari Perbendaharaan Adventure di Pengalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Bandung, perbendaharaan.go.id. - Suara desingan peluru yang dimuntahkan dari senapan-senapan semi otomatis dari kedua pasukan, tidak menciutkan nyali mereka. Sambil terus merangsek ke depan dan menembakkan senapan di tangan, kedua pasukan berusaha merebut benteng musuh masing-masing untuk memenangkan pertempuran. Korban-korban terus berjatuhan di kedua belah pihak. Pantang menyerah hingga benteng dapat direbut atau habis terkena tembakan lawan.

Itulah sepenggal kisah petualangan berharga dari rangkaian acara Pembekalan Pegawai Program Diploma 3 STAN dan Sarjana (S1 dan S2) Baru Ditjen Perbendaharaan yang diselenggarakan di Perkebunan Teh Malabar, Pengalengan, Bandung. Kegiatan ini merupakan re-entry program yang selalu diselenggarakan oleh Ditjen Perbendaharaan dalam mempersiapkan mental serta memotivasi para pegawai baru agar siap melaksanakan tugas pertama mereka. Sebuah tujuan yang diilhami oleh pernyataan Direktur Jenderal Perbendaharaan, Herry Purnomo dalam berbagai kesempatan, bahwa kesamaan visi, semangat dan kebersamaan di antara para pegawai merupakan modal besar untuk membangun organisasi Ditjen Perbendaharaan.

Sekitar lima jam perjalanan yang harus ditempuh dari Jakarta menuju lokasi pembekalan tidak membuat para peserta acara tersebut terlihat lelah dan hilang semangat. Bahkan yang terlihat raut ceria dan penasaran seperti ingin mencicipi rasanya tinggal di perkebunan berhawa sejuk tersebut.

OUTBOND S1 dan lulusan D3 STANKegiatan yang lebih ditekankan pada semangat kebersamaan tersebut dipandu oleh para instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Beberapa permainan interaktif yang menantang dan memancing pemikiran kreatif diberikan kepada peserta, diantaranya permainan perang terbuka yang mempertemukan dua pasukan dalam paintball game, untuk menumbuhkan kesetiakawanan dan kerjasama tim. Permainan a shape game, di samping menumbuhkan semangat kebersamaan dan toleransi hubungan pimpinan dan bawahan. Flying fox dan arung jeram yang mampu menumbuhkan semangat pantang menyerah dan menghilangkan rasa tidak percaya diri.

Pada akhir acara, panitia menggelar acara ramah tamah yang digelar di lapangan terbuka di perkebunan teh tersebut, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan berkesempatan menyampaikan tujuan dari kegiatan outbound ini. &ldquoNikmatilah kegiatan ini,&rdquo ujar K. A. Badaruddin, Sekretaris Ditjen Perbendaharaan. &ldquoJalin hubungan yang baik di antara kalian. Berkompetisi boleh-boleh saja. Bahkan itu adalah prinsip, bahwa pasti akan ada tempat untuk saya (pegawai-red). Tidak usah sikut-sikutan,&rdquo lanjut beliau.

OUTBOND S1 dan lulusan D3 STANKeakraban yang terbangun antara para pimpinan Ditjen Perbendaharaan dengan para pegawai sangat mengagumkan. Setidaknya menurut pandangan Kang Dedy, instruktur dari Ahang Adventure. &ldquoSaya sangat takjub melihat suasana pada malam hari ini,&rdquo kata Kang Dedy. &ldquoSeorang pemimpin mau bersama-sama bawahannya di tempat seperti ini, jauh dari keluarga, di tengah kesibukannya pula,&rdquo lanjutnya. &ldquoTidak ada perbedaan antara pemimpin dan bawahan,&rdquo tambahnya lagi.

Kebersamaan, keberanian serta semangat pantang menyerah adalah beberapa sifat positif yang akan mendukung kesuksesan seseorang. Dan melalui petualangan pendek ini, sifat-sifat itu diharapkan tumbuh.

Oleh:
Reno Samudra, Bambang Kismanto &ndash Media Center Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)