Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Sekretariat Ditjen Perbendaharaan Tetapkan Arah Kebijakan 2011

Liputan Rakor Sekretariat Ditjen Perbendaharaan
Jakarta, perbendaharaan.go.id &ndash Mengawali tahun 2011, Sekretariat Ditjen Perbendaharaan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor), guna harmonisasi dan sinkronisasi program kegiatan yang akan dilakukan sepanjang tahun 2011. Rakor dibuka secara resmi oleh Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, K.A Badaruddin, Kamis (20/01), di Jakarta.

Mengoptimalkan fungsi strategisnya, Sekretariat Ditjen Perbendaharaan ingin menjadi motor penggerak organisasi dalam mewujudkan transformasi kelembagaan. Dimana sebelumnya, Menteri Keuangan telah mencanangkan transformasi kelembagaan sebagai acuan utama dalam pelaksanaan program kegiatan di Kemenkeu. Hal itu tentu akan berimbas pada fungsi perbendaharaan negara dimasa depan.

Dalam sambutannya, K.A. Badaruddin mengemukakan keinginannya untuk membentuk kerangka besar pelaksanaan program kegiatan, termasuk didalamnya rencana dan strategi, Indikator Kinerja Utama (IKU), sampai pada detail kegiatan. Dengan demikian Sekretariat dapat mengukur jumlah dana, SDM, juga waktu yang dibutuhkan.

RAKOR Setditjen PerbendaharaanMasih menurut K.A. Badaruddin, bahwa rencana kegiatan yang baik tentu akan berkorelasi positif dengan penyerapan anggaran yang baik.  &ldquoJangan sampai kita ngajari Kementerian lain, padahal kita sendiri tidak melakukan,&rdquo tuturnya.

Lebih lanjut pria kelahiran Sumatera Selatan itu meminta agar Sekretariat Ditjen Perbendaharaan mampu memperhitungkan performa anggaran di Semester I. Sehingga, pada saat itu bila terdapat anggaran yang tidak produktif secepatnya dilakukan revisi untuk dioptimalkan di instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan.  

 Sekretariat Ditjen Perbendaharaan menyadari tantangan pelaksanaan program kegiatan kedepan perlu sejalan dengan proyek SPAN. Sehingga, unsur-unsur fungsi kesekretariatan benar-benar diarahkan untuk turut serta mensukseskan proyek SPAN. 

Komitmen sekretariat Ditjen Perbendaharaan dalam membangun iklim sinergi dan transparansi dibangun dalam rakor kali ini. Pesrta  tidak hanya diikuti oleh pegawai lingkup sekretariat, melainkan juga hadir perwakilan dari masing-masing Direktorat lingkup Ditjen Perbendaharaan. Para perwakilan tersebut diberi kesempatan untuk memberikan masukan terhadap arah kebijakan dan program kegiatan yang akan dilaksanakan.

 

Oleh : Novri H.S Tanjung dan Tino A. Prabowo &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)