Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Teriakan Semangat Bergema Dari Cikereteg

Liputan Motivational Achievement KPPN Percontohan Tahap I

Bogor, perbendaharaan.go.id &ndash
Sejenak keluar dari rutinitasnya, para pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Percontohan lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarata, mengikuti kegiatan Motivational Achievement KPPN Percontohan Tahap I, Sabtu (9/4), di Cikererteg, Bogor. Teriakan semangat berkali-kali dikeluarkan para peserta selama rangkaian acara, yang terdiri dari sesi games dan sesi motivasional.

Kegiatan tersebut digagas Bagian Pengembangan Pegawai guna memelihara motivasi pegawai KPPN Percontohan dalam memberikan kinerja pelayanan yang baik bagi publik. Selain itu, kegiatan itu juga sebagai imbangan tuntutan tugas dan beban kerja yang relatif tinggi. Imbangan ini lebih mengarah pada aspek motivasi, dalam meredam akumulasi beban tugas agar tidak berpengaruh negatif terhadap kinerja.

OUT BOUNDPemberian dorongan motivasi dilakukan melalui metode ceramah dan diskusi interaksional, aktifitas kelompok (low impact outbound), dengan fokus pada cara pandang dan pola pikir peserta, menyangkut aspek kognitif dan emosi.

Menurut Plt. Sekretaris Ditjen Perbendaharaan, Tata Suntara, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan soft skill para pegawai. Sehingga, perpaduan hard skill dan soft skill dapat membentuk kompetensi pegawai secara optimal.

Pada sesi permainan alam terbuka (low impact outbond) secara berkelompok, difasilitasi oleh para trainer internal Bagian Pengembangan Pegawai. Jenis permainan yang dilakukan adalah team building. Para peserta tampak begitu menikmati setiap permaian yang dipandu oleh para trainer. Gelak tawa peserta acap kali terlihat pada setiap permainan.

Pada malam hari, sesi ceramah motivasi difasilitasi oleh motivator sekaligus praktisi NLP Bina Harkat Indonesia, Andri Andriansyah. Ceramah motivasi mencakup cara pandang dan pola pikir &ldquosehat&rdquo secara psikologis, sikap bersyukur dan memaknai hidup secara positif, menyingkirkan penghalang serta memahami potensi dan keunggulan diri, serta komitmen pengembangan diri.

PENGEMBANGAN PEGAWAIKeesokan harinya, peserta mendapat ceramah manajerial dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta, Hasudungan Siregar. Ceramah manajerial membahas isu penajaman fungsi treasury dalam era transformasi kelembagaan, serta pemantapan dan penguatan peran KPPN Percontohan dalam keberlangsungan dan kelanjutan reformasi birokrasi.

Pelaksanaan Motivational Achievement KPPN Percontohan Tahap I ini merupakan pilot project. Tahap selanjutnyapegawai KPPN Percontohan di seluruh Jawa, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan akan mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Bagian Pengembangan Pegawai dalam mensinergikan program pemberdayaan SDM madya di daerah dengan wadah pendaerahan program diklat.

 

Oleh: Novri H.S. Tanjung &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)