Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Dirjen Perbendaharaan: Seluruh Pegawai Wajib Menjalankan Nilai Dan Perilaku Utama

Liputan Pengarahan Dirjen Perbendaharaan pada Training Duta SPAN Unit di Makassar
Makassar, perbendaharaan.go.id.- Memberikan pengarahan di depan peserta Training Duta SPAN Unit di Makassar pada Rabu malam, 3 Agustus 2011, Direktur Jenderal Perbendaharaan Agus Suprijanto menekankan urgensinya seluruh pegawai Ditjen Perbendaharaan untuk menjalankan Nilai dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan. Bahkan secara khusus, Dirjen Perbenbendaharaan berpesan kepada kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan dan sebelas kepala KPPN di wilayahnya untuk menginternalisasikannya kepada segenap pegawai pada unit kerjanya. &ldquoSeluruh pegawai harus memahami dan menjalankan Nilai dan Perilaku Utama Kementerian Keuangan, tanpa kecuali,&rdquo pesannya.

Dalam paparannya Dirjen Perbendaharaan secara gamblang menjelaskan adanya lima nilai dan sepuluh perilaku utama yang menjadi karakter dan ciri khas pegawai Kementerian Keuangan,khususnya Ditjen Perbendaharaan. Lima nilai tersebut antara lain: integritas, profesionalisme, sinergi,pelayanan, dan kesempurnaan. Sedangkan sepuluh perilaku utama itu yakni: satu, bersikap jujur, tulus,dan dapat dipercaya dua, menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela tiga, mempunyai keahlian dan pengetahuan yang luas empat, bekerja dengan hati lima, memiliki sangka baik, saling percaya dan menghormati enam, menemukan dan melaksanakan solusi terbaik tujuh, melayani dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan delapan, bersikap proaktif dan cepat tanggap sembilan, melakukan perbaikan terus-menerus dan sepuluh, mengembangkan inovasi dan kreativitas.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan Pardiharto beranalogi betapa semangat para Duta SPAN Unit mestilah sama dengan semangat Angkatan 45 yang mendirikan Indonesia 66 tahun lampau. &ldquoSebagai pejuang perubahan, Anda semua (para Duta SPAN Unit- red.) harus mempunyai semangat yang tinggi untuk membangun negeri ini seperti semangat yang dimiliki oleh para pejuang Angkatan 45 yang ditunjukkan 66 tahun lalu. Apalagi waktunya bersamaan, yaitu pada bulan Ramadhan dan Agustus,&rdquo tandasnya memberikan semangat kepada para Duta SPAN Unit yang hadir sebagai peserta training.

Selain dihadiri oleh peserta training, yaitu 62 Duta SPAN Unit dari wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan,Maluku, Maluku Utara, dan Papua, pengarahan Dirjen Perbendaharaan itu juga dihadiri oleh Direktur Sistem Perbendaharaan, kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan,seluruh kepala KPPN di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, pejabat eselon III dan IV SekretariatDitjen Perbendaharaan dan Direktorat Transformasi Perbendaharaan, serta pejabat eselon III dan IV pada Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan. Duta SPAN Unit sediri merupakan pegawai yang telah lulus seleksi, yang dianggap memiliki kemampuan yang memadai untuk mensosialisasikan SPAN kepada seluruh pegawai di unit kerjanya masing-masing (baik pada Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Anggaran, dan Pusintek).

Training Duta SPAN Unit diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman tentang SPAN dalam kerangka transformasi pengelolaan keuangan negara. Para peserta training diharapkan akan mampu mengelola perubahan dan berkomunikasi demi mencairkan resistensi yang timbul. Di samping Makassar, kegiatan serupa dilaksanakan secara paralel di tiga kota lainnya, yakni Medan, Yogyakarta,dan Denpasar.

oleh : Hendy S. Yudhiyanto (Media Center Ditjen Perbendaharaan)

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)