Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Mempertahankan Nilai Indeks Kepuasan Layanan, Ditjen Perbendaharaan Adakan Pembekalan Penyuluh Perbendaharaan

Liputan Pembekalan Penyuluh Perbendaharaan Tahap II Angkatan I sampai dengan Angkatan III
Jakarta, perbendaharaan.go.id -
Berdasarkan Survey Indeks Kepuasan Layanan yang dilakukan oleh IPB tahun 2011, Pelayanan Ditjen Perbendaharaan turun dengan nilai indeks 4.13 di tahun 2010 menjadi 4.03 di tahun 2011, namun nilai indeks tersebut masih tetap yang tertinggi dibandingkan Unit Eselon 1 lainnya yg memilliki kantor pelayanan di daerah. Penurunan ini dapat terjadi karena tidak seimbangnya kenaikan pelayanan Ditjen Perbendaharaan terhadap tuntutan stakeholders.

Sebagai salah satu upaya untuk kembali mempertahankan Indeks Kepuasan Layanan Ditjen Perbendaharaan, maka Ditjen Perbendaharaan menggelar Pembekalan Penyuluh Perbendaharaan. Kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama Direktorat Sistem Perbendaharaan bekerjasama dengan Sekretariat Ditjen Perbendaharaan sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor 6 Tahun 2011 tentang Penyuluh Perbendaharaan

Dalam pembukaan di setiap angkatannya, Abdul Rahman Ritonga, Direktur Sistem Perbendaharaan, menyampaikan, &ldquoMelalui tenaga penyuluh perbendaharaan yang andal, diharapkan kita dapat semakin baik melaksanakan fungsi pembinaan kepada satuan kerja kementerian negara/ lembaga. Pemahaman satker akan tata cara pengelolaan keuangan negara, khususnya fungsi perbendaharaan negara akan meningkat dan otomatis akan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara. Dari sisi SDM, dengan adanya Penyuluh Perbendaharaan bersertifikat ini organisasi diuntungkan karena para Penyuluh adalah SDM yang terpilih dan punya tanggung jawab untuk senantiasa meningkatkan kemampuan teknis yang dimiliki untuk menunjang tugasnya sebagai Penyuluh Perbendaharaan&rdquo.

Pembekalan ini dilaksanakan melalui 3 angkatan, angkatan I pada tanggal 13 s.d 17 Februari 2012 sejumlah 56 orang pegawai, angkatan II pada tanggal 27 Februari s.d 2 Maret 2012 sejumlah 60 orang pegawai dan angkatan III tanggal 12 s.d 16 Maret 2012 sejumlah 60 orang pegawai. Masing-masing angkatan dibagi menjadi 2 kelas agar lebih efektif dalam penyampaian materinya. Sementara itu materi yang diajarkan adalah materi non presentation skill dan presentation skill. Materi non presentation skill terdiri dari tupoksi dan pedoman penyuluhan perbendaharaan, ceramah umum keuangan Negara, SPAN, dan sosialisasi peraturan terbaru dan motivasi pegawai, dengan narasumbernya adalah para pejabat kantor pusat Ditjen Perbendaharaan. Sedangkan untuk materi presentation skillterdiri dari teknik presentasi, teknik konsultasi dan teknik menyusun bahan presentasi yang disampaikan oleh konsultan/provider pakar public speaking.

Untuk mengetahui sejauh mana para peserta menyerap materi presentation skill yang telah diajarkan, di hari terakhir, masing - masing peserta di wajibkan untuk mempresentasikan sebuah materi dengan tema bebas, dihadapan peserta Pembekalan Penyuluh Perbendaharaan itu sendiri yang mana setiap presentasi dievaluasi tentang kekurangan dan kelebihannya.

Oleh: Sugeng Wistriono - Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)