Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Indonesia Beradaptasi Dengan Penerapan Statistik Keuangan Pemerintah

Liputan Lokakarya Standar Akuntansi Pemerintahan dan Statistik Keuangan Pemerintah
Jakarta, perbendaharaan.go.id -
Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Tata Suntara membuka kegiatan Lokakarya Standar Akuntansi Pemerintahan Dan Statistik Keuangan Pemerintah, Rabu (17/10), di Jakarta. Menurut penyelenggara, Lokakarya ini merupakan upaya pemerintah mencanangkan adanya keselarasan antara Sistem Akuntansi Pemerintah berbasis akrual dengan Statistik Keuangan Pemerintah.

Tata Suntara menyampaikan, Penerapan Statistik Keuangan Pemerintah yang diamanatkan dalam UU Nomor 1 Tahun 2004, mengatur agar laporan keuangan pemerintah dapat menghasilkan statistik keuangan yang mengacu kepada manual Statistik Keuangan Pemerintah (Government Finance Statistics/GFS). Dengan begitu, menurutnya, Statistik Keuangan Pemerintah dapat memenuhi kebutuhan analisis kebijakan dan kondisi fiskal, pengelolaan dan analisis perbandingan antarnegara.

Tata Suntara melanjutkan, bahwa sejalan dengan usaha-usaha pemerintah dalam peningkatan transparansi dan akuntabilitas publik, penerapan Statistik Keuangan Pemerintah akan semakin memperKuat kredibilitas pemerintah di bidang pengelolaan keuangan negara. Menurutnya, hal itu akan menguatkan pengakuan di kancah perekonomian internasional, ditandai dengan meningkatnya peringkat Investasi Indonesia ke level &ldquoInvestment Grade&rdquo.

Sementara itu, Perwakilan Government Partnership Fund &ndash Australia-Indonesia Partnership, John Ignatius menyampaikan kesiapan Pemerintah Australia untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam implementasi Statistik Keuangan Pemerintah. Ia juga menyampaikan bahwa Indonesia menjadi bagian penting dalam dunia ekonomi, sehingga sudah sewajarnya menerapkan Statistik Keuangan Pemerintah yang berlaku secara internasional mengenai praktik-praktik terbaik (best practice).

Dalam kesempatan tersebut, Pejabat dari Australian Department of Finance and Deregulation (DOFAD) dan Australian Bureau of Statistics (ABS) memberikan pengetahuan dan pengalaman mengenai praktik-praktik terbaik (best practice) mengenai pengembangan dan penerapan sistem Statistik Keuangan Pemerintah dan kendala yang dihadapi. Pembelajaran tersebut akan menghasilkan perumusan lesson learnt yang dapat diaplikasi dalam pengembangan sistem Statistik Keuangan Pemerintah Indonesia.

Australia merupakan salah satu negara yang telah menerapkan praktik-praktik terbaik mengenai pengembangan dan penerapan sistem Statistik Keuangan Pemerintah. Australia telah menyusun manual Statistik Keuangan Pemerintah dan menerapkan sistem Statistik Keuangan Pemerintah yang terharmonisasi dengan Standar dan Sistem Akuntansi Pemerintahan.

Oleh: Novri H. S. Tanjung &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)