Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Setda Kab. Purwakarta: “SOP Adalah Binatang Yang Sulit Dilaksanakan!”

Soft Launching Implementasi KPPN Percontohan Lingkup Kanwil DJPBN Prov. Jawa Barat
Purwakarta, perbendaharaan.go.id
&ndash &ldquoSOP (Standard Operating Procedure-red) adalah binatang yang paling sulit dilaksanakan,&rdquo ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purwakarta, Dadan Koswara dalam sambutannya mewakili Bupati Kab. Purwakarta yang tidak dapat hadir pada acara soft launching Implementasi Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) Percontohan Lingkup Kanwil DJPBN Prov. Jawa Barat di KPPN Purwakarta hari Rabu (17/10). Seloroh Dadan langsung disambut dengan gemuruh tawa para hadirin termasuk Direktur Jenderal Perbendaharaan.

&ldquoSOP tidak hanya sekedar sistem tetapi juga menyangkut sumber daya manusia, sarana prasarana dan teknologi,&rdquo lanjut Dadan sambil menyampaikan beberapa fakta lapangan untuk membandingkan apa yang sudah dan sedang dilakukan oleh instansinya dengan apa yang sudah dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan. Menyadari bahwa jajaran Kabupaten Purwakarta masih perlu belajar banyak mengenai menjalankan good governance, Dadan menyampaikan bahwa &ldquoKami akan berguru dari KPPN mengenai bagaimana melaksanakan SOP.&rdquo

Mulai dengan yang sederhana

Menjawab kerisauan Sekda Kab. Purwakarta, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Agus Suprijanto menyampaikan bahwa tidak ada yang sulit dalam pembuatan dan pelaksanaan SOP. &ldquoMulai dengan yang sederhana, tulis apa yang kita kerjakan, lalu kerjakan apa yang kita tulis,&rdquo terang Agus menjelaskan apa yang telah dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan selama ini. &ldquoKemudian pastikan bahwa kita konsisten untuk melaksanakan SOP tersebut dan mendokumentasikannya,&rdquo tutur Agus lebih lanjut.

&ldquoSelain dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, SOP dapat juga memberikan perlindungan hukum bagi para pegawai kita yang melaksanakan pekerjaan tersebut,&rdquo jelas Agus lebih lanjut mengenai bagaimana SOP apabila diikuti dengan benar dapat menjadi salah satu payung hukum dalam melindungi pegawai dari sanksi yang muncul di kemudian hari.

Menarik apabila menyimak apa yang disampaikan Dirjen Perbendaharaan dihadapan para pimpinan Muspida Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang, seperti Ketua DPRD, Komandan Distrik Militer, Ketua Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri pada hari itu. &ldquoKPPN Percontohan ini merupakan persembahan bagi perbaikan layanan kepada seluruh stakeholder kami,&rdquo ucap Agus setelah menjelaskan pentingnya acara soft launching KPPN Percontohan seperti yang dilakukan di Purwakarta sebagai momentum dari hasil kerja keras Ditjen Perbendaharaan membangun kantor layanan modern yang menerapkan proses bisnis sederhana, SDM yang berkualitas dan informasi teknologi informasi.

Saung Pinter: sebuah inovasi
Dalam salah satu poin sambutannya, Dirjen Perbendaharaan memberikan penghargaan khusus kepada KPPN Purwakarta, selain layanan mobile KPPN, dan website KPPN juga Sarana Unggulah Penuh Interaktif (Saung Pinter), sebuah inovasi yang &lsquodijual&rsquo KPPN Purwakarta dalam memberikan edukasi kepada satker yang membutuhkan penanganan khusus sebagai bentuk layanan terbaik bagi mitra kerjanya.&rdquoSaya sangat mengapresiasi hal tersebut, dan semoga inovasi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memberikan layanan terbaik bagi mitra kerja KPPN Purwakarta,&rdquo puji Agus.

Dalam acara yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, mewakili Kepala Polisi Resor Purwakarta sebagai salah satu Satker yang dilayani oleh KPPN Purwakarta, Putu Segarsari menyampaikan rasa terima kasih atas penetapan KPPN Purwakarta sebagai kantor percontohan. &ldquoSelama ini kami merasa terbantu dengan pelayanan yang diberikan oleh KPPN Purwakarta.&rdquo Mendengar hal tersebut Plt. Kepala Kanwil DJPBN Prov. Jawa Barat, Edi Sumaridi tersenyum puas.

Kegiatan yang diselenggarakan mewakili peluncuran KPPN di seluruh Jawa Barat yaitu KPPN Bekasi, KPPN Karawang, KPPN Bogor, KPPN Sukabumi, KPPN Garut, KPPN Cirebon, KPPN Kuningan, KPPN Tasikmalaya, dan KPPN Sumedang tersebut ditutup dengan pengguntingan pita simbolis tanda peluncuran KPPN Percontohan Purwakarta dilakukan oleh Setda Kab. Purwakarta, Dadan Koswara mewakili Bupati Purwakarta dan Ketua DPRD Purwakarta, Ucok Ujang Wardi.

Setelah itu, acara langsung dipandu oleh Kepala KPPN Purwakarta, Sugeng Winarno yang menjelaskan kepada para pimpinan Muspida atau yang mewakili mengenai alur dokumen dari pengajuan SPM sehingga menjadi SP2D. Acara yang dilakukan mulai ruang tunggu front office, middle office, dan back office hingga aula pertemuan juga dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana, Dydik Choiroel dan seluruh Kepala KPPN lingkup Kanwil DJPBN Prov. Jawa Barat.

Napak Tilas ke KPPN Karawang
Setelah melakukan press conference dengan TVRI Purwakarta, PWI dan beberapa media cetak di Purwakarta, Dirjen Perbendaharaan melanjutkan lawatannya ke KPPN Karawang. Acara yang sebenarnya tidak diagendakan sebelumnya tersebut, tidak ubahnya perjalanan napak tilas bagi Agus Suprijanto yang pernah menjalani promosi jabatan eselon III sebagai Kepala KPPN Karawang tahun 1997-1998.

Kedatangan Agus Suprijanto disambut oleh Kasubbag Umum, Sentot Priambodo selaku Plt. Kepala KPPN Karawang. Beberapa pegawai yang mengenal Agus menyambutnya dengan suka cita. Sebuah kesempatan berharga bertemu dengan petinggi Dirjen Perbendaharaan yang dulu sempat meluangkan waktu sehari-harinya bersama di Karawang. Agus kemudian tidak melewatkan waktu ketika ditawarkan Sentot untuk meninjau kantor yang pernah menjadi saksi perjalanan karirnya. &ldquoSudah banyak perubahan ya,&rdquo ujar Agus mengomentari sebagian besar ruangan KPPN Karawang terutama front office-nya.

Oleh : TWP - Media Center Ditjen Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)