Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

Finalisasi Aplikasi DIPA TA 2013 Melalui Sinergi Dja Dan Ditjen Pbn

Liputan Uji Coba Jaringan Komunikasi Untuk Aplikasi DIPA TA 2013 di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I Yogyakarta
Yogyakarta, perbendaharaan.go.id -
Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Anggaran menggelar uji coba sistem dan jaringan komunikasi dalam rangka penyelesaian DIPA TA 2013 di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi D.I Yogyakarta, Jumat (12/10). Pada acara tersebut hadir dua pucuk pimpinan eselon I di Kemenkeu yang dulunya merupakan satu unit. Dirjen Perbendaharaan Agus Suprijanto didampingi oleh Sesditjen, Tata Suntara, Direktur Pelaksanaan Anggaran Tri Buwono Tunggal, Direktur Sistem Perbendaharaan A.R. Ritonga, Direktur Transformasi Perbendaharaan Paruli Lubis dan Tenaga Pengkaji Perbendaharaan Sudarto. Sementara, dari pihak DJA, Dirjen Anggaran Herry Purnomo didampingi oleh Sesditjen Ary Wahyuni, Direktur Anggaran III Sambas Mulyana dan Direktur Sistem Penganggaran Rakhmat. Turut hadir pada acara tersebut, Staf Khusus Menkeu Bidang IT Bobby AA Nazief.

Agenda utama dari kegiatan tersebut adalah ujicoba sistem aplikasi dan jaringan komunikasi dalam rangka penyelesaian DIPA TA 2013 yang meliputi ujicoba penelaahan RKA-K/L-DIPA Online serta Upload dan Download ADK RKA-K/L-DIPA dengan lokasi di Kanwil dan KPPN Yogyakarta, baik dalam kondisi hari kerja maupun kondisi hari libur.

Dalam sambutan pengantar, Agus Suprijanto mengharapkan agar diskusi, pembahasan dan ujicoba penyelesaian DIPA TA 2013 bisa terlaksana dengan sukses.

&rdquoEksekusi terhadap pembayaran APBN TA 2013 agar tetap dijaga tepat waktu di awal Januari 2013, jangan sampai terlambat atau tertunda&rdquo Ujar Agus.

Selanjutnya, Herry Purnomo mengatakan, &ldquokegiatan ini tidak sesederhana judulnya yaitu pelimpahan penandatangan DIPA dari Ditjen PBN kepada DJA, namun ternyata dalam pelaksanaannya memerlukan beberapa kajian dan pembahasan yang cukup rumit&rdquo. Namun demikian, Herry berharap agar beberapa perbedaan pandangan yang ada bisa dicarikan titik temu persamaan sebagai bagian dari sinergi Kementerian Keuangan.

Pada pertemuan yang dimoderatori Kepala Kanwil Ditjen PBN Provinsi D.I. Yogyakarta, Hendro Baskoro, masing-masing Tim baik dari Ditjen PBN maupun DJA menyampaikan laporan perkembangan koordinasi pelimpahan kewenangan pengesahan DIPA dari Ditjen PBN kepada DJA, disambung dengan pemaparan mekanisme penelaahan RKA-K/L-DIPA 2013, mekanisme revisi DIPA di Kanwil DJPBN, mekanisme pelaksanaan di tingkat satker, KPPN dan Kanwil, yang diteruskan dengan berbagai diskusi dan testimoni.

Selepas rehat sholat Jumat dilakukan simulasi ujicoba penelaaahan RKA-K/L-DIPA secara online yang melibatkan pihak unit eselon I dalam hal ini Kantor Pusat Ditjen PBN, petugas DJA sebagai penelaah dan Kanwil Ditjen Prov. D.I. Yogyakarta selaku satker.

Simulasi dilanjutkan dengan ujicoba upload dan dowload ADK RKA-K/L- DIPA TA 2013 baik di Kanwil maupun di KPPN Yogyakarta. Pelaksanaan ujicoba berlangsung dengan baik dan lancar.

Dalam kata penutupnya Agus Suprijanto menilai ujicoba telah berhasil dan sesuai yang diharapkan.

&ldquoSebuah kalimat yang mudah diucapkan tetapi memerlukan effort yang lebih, semua pihak agar memberikan support yang terbaik dan apa yang dicapai pada hari ini menjadi titik tolak untuk menjadi lebih baik lagi,&rdquo papar Agus Suprijanto.

Hal ini diamini oleh Herry Purnomo, beliau menyatakan bahwa &ldquoproses yang terjadi sampai saat ini mencerminkan sebuah chemistry dan sinergi yang baik dan ke depan diharapkan akan lebih baik lagi, saya harap target waktu tetap terjaga dengan baik.&rdquo

Beberapa poin penting dari hasil pertemuan tersebut, antara lain :

  1. Dalam proses pelimpahan kewenangan ini harus dipegang prinsip bahwa proses perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban atas APBN merupakan satu alur yang terkait dan tetap terjaga dengan baik
  2. Mempertimbangkan berbagai hal, untuk TA 2013 sistem masih menggunakan sistem yang berjalan di TA 2012 (plan B)
  3. Proses yang sedang dijalankan agar tetap kompatible dengan SPAN
  4. Perlunya SOP-SOP link antara DJA dan Ditjen PBN yang dituangkan dalam Keputusan Menkeu sehingga bersifat mengikat
  5. Tindak lanjut proses yang terkait agar segera disiapkan payung hukumnya berupa Perdirjen
  6. Beberapa penyesuaian aplikasi maupun proses bisnis yang diusulkan pada rapat akan ditindaklanjuti dengan cepat sesuai jadwal yang telah ditentukan
  7. Komitmen untuk menjaga agar pembayaran APBN TA 2013 dapat tetap dilaksanakan di awal Januari 2013.

Oleh : Arief - Kontributor Kanwil Yogyakarta

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)