Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

3 Kunci Modernisasi Pengelolaan Keuangan Negara

Liputan APEC Workshop on Treasury and Budget Reform
Lombok, perbendaharaan.go.id -
Sedikitnya 30 delegasi dari 12 negara anggota Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) beserta empat organisasi internasional, bertemu di Kawasan Wisata Senggigi, Lombok (NTB), dalam APEC Workshop on Treasury and Budget Reform.

Workshop yang digelar Kementerian Keuangan ini merupakan salah satu agenda persiapan KTT APEC di Bali, September mendatang. Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari yaitu 2 &ndash 3 Juli 2013, dilakukan pembahasan mengenai berbagai aspek terkait reformasi perbendaharaan dan anggaran negara.

apec lombok 2013Tiga topik utama yang akan dibahas dalam workshop kali ini adalah IFMIS (Integrated Financial Management Information System), Spending Review, dan Cash Management. Workshop ini bertujuan untuk melakukan pembahasan bersama menuju kestabilan finansial di wilayah Asia Pasifik yang dapat dicapai melalui modernisasi pengelolaan keuangan serta kerjasama keuangan di tingkat regional.

Dirjen Perbendaharaan, Agus Suprijanto, dalam opening remark-nya menyampaikan bahwa kunci utama untuk menuju modernisasi pengelolaan keuangan dilakukan melalui peningkatan manajemen kas dan spending review, sementara IFMIS sebagai alat untuk memastikan kebijakan fiskal dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Melalui kerjasama regional yang baik, antar negara dapat melakukan pelatihan bersama, serta pertukaran pengetahuan maupun sumber daya lainnya. Apabila kerjasama yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, forum APEC akan menjadi kunci untuk mengembangkan perekonomian di tiap negara anggota. Pertemuan ini diharapkan menghasilkan solusi yang komprehensif sehingga dapat menjadi titik terang dalam mencapai kestabilan ekonomi dan keuangan global, serta dapat menjadi &lsquonew direction of budget reform&rsquo.

Oleh: Lintri &ndash Kontributor Direktorat Transformasi Perbendaharaan

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)