Berita Nasional

(Seputar Ditjen Perbendaharaan)

KPPN Sumedang Tempati Gedung Baru

Liputan Peresmian Gedung Baru KPPN Sumedang dan KPPN Purwakarta
Sumedang, perbendaharaan.go.id &ndash
Dirjen Perbendaharaan Boediarso Teguh Widodo bersama Bupati Sumedang Endang Sukandar, meresmikan gedung KPPN Sumedang dan KPPN Purwakarta, Selasa (24/9). Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Dirjen Perbendaharaan dan penguntingan pita oleh Bupati Sumedang.

KPPN Sumedang menempati gedung baru yang berjarak 50 meter dari gedung lama. Menurut Kepala KPPN Sumedang Bambang Sudaryanto, luas tanah dan bangunan gedung lama sudah tidak memadai untuk memberikan pelayanan yang optimal, terutama sempitnya lahan parkir bagi para stakeholders. Untuk itu, menurutnya, KPPN Sumedang memanfaatkan asset tanah yang telah dimiliki sebelumnya seluas 3000 meter persegi sebagai lokasi pembangunan gedung baru. Gedung berlantai dua tersebut menghabiskan total anggaran 7,6 miliar yang dibebankan pada DIPA tahun 2011 hingga 2013 secara bertahap.

Sementara itu, disaat yang sama Dirjen Perbendaharaan meresmikan secara simbolis gedung KPPN Purwakarta. Kendati gedung tersebut telah selesai dibangun beberapa tahun lalu, namun secara simbolis belum diresmikan oleh Dirjen Perbendaharaan secara langsung. Mengingat efektifitas dan efisiensi, peresmian gedung KPPN Purwakarta secara simbolis dilakukan secara bersamaan dengan KPPN Sumedang. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumedang menyambut baik upaya perbaikan pelayanan public yang dilakukan oleh KPPN Sumedang, termasuk perbaikan sarana dan prasarana. Endang Sukandar meminta jajarannya untuk dapat lebih meningkatkan koordinasi bersama KPPN Sumedang dalam melakukan pembangunan, sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat. &ldquoDalam era otonomi daerah, saya perhatikan instansi vertical pemerintah pusat biasanya egois, namun ternyata KPPN Sumedang bisa larut dengan segala budaya Kabupaten Sumedang. Untuk itu, mari kita sama-sama membangun Sumedang.&rdquo Ujar Endang Sukandar.

Sedangkan, Dirjen Perbendaharaan menyampaikan bahwa dalam mendukung transformasi kelembagaan, KPPN sebagai organisasi yang professional, modern dan akuntabel, diperlukan kebutuhan sarana prasarana yang tepat, modern, dan andal. &ldquoDengan sarana dan prasarana yang semakin baik dan representative, KPPN Sumedang diharapkan mempunyai peran penting dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Sumedang. KPPN Sumedang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas pelaksanaan APBN dengan melaksanakan fungsi pembinaan pengelolaan perbendaharaan Negara dan penyususnan akuntansi pelaporan keuangan tingkat daerah.&rdquo pungkas Boediarso.

Pada saat yang sama, Bupati Sumedang beserta para hadirin menyaksikan demo Standard operating procedure yang dilakukan KPPN kepada stakeholder. Dirjen Perbendaharaan sempat meminta testimony pelayanan KPPN Sumedang secara langsung, &ldquoAlhamdulillah, pelayanan KPPN Sumedang selama ini memuaskan,&rdquo ujar petugas dari satuan kerja IPDN.

Oleh: Novri H. S. Tanjung &ndash Media Center Ditjen Perbendaharaan


 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

 

 

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search

Kantor Wilayah Provinsi, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 

(Daftar Kantor Vertikal DJPb Selengkapnya ..)